Skor pendaftar Bidikmisi akan kami tambah. Jadi bisa pendaftar Bidikmisi yang skornya rendah, tapi bisa bersaing dengan skornya tinggi sehingga kami bisa memberi peluang bagi calon mahasiswa yang tidak mampu.
Surabaya (ANTARA) - Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, akan memprioritaskan pendaftar dari jalur Bidikmisi dan Komitmen Khusus pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang dibuka sejak 10 Juni 2019.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih di Surabaya, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan pertimbangan khusus untuk pendaftar jalur Bidikmisi, serta pendaftar dengan komitmen menempuh double degree ataupun student outbond di luar negeri selain nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Skor pendaftar Bidikmisi akan kami tambah. Jadi bisa pendaftar Bidikmisi yang skornya rendah, tapi bisa bersaing dengan skornya tinggi sehingga kami bisa memberi peluang bagi calon mahasiswa yang tidak mampu," ujarnya.

Selain itu, Unair juga memberi peluang bagi calon mahasiswa yang mau ikut program double degree maupun program full time outbond di luar negeri selama satu semester sehingga bobot nilainya akan disesuaikan.

"Jadi, mungkin saja nilai UTBK yang rendah diterima sementara yang tinggi tidak diterima. Bisa jadi karena yang diterima komitmen masuk double degree," ucapnya.

Komitmen tersebut, kata dia, merupakan kesanggupan pendaftar SBMPTN untuk mengambil program double degree maupun student outbond dengan biaya mandiri.

"Mereka yang punya komitmen double degree, student outbond akan kami siapkan formulir komitmen. Ini berupa pernyataan jika diterima akan menjalani outbond dengan biaya mandiri ke berbagai negara, kecuali Afrika," katanya.

Nasih menjelaskan, untuk memastikan jalannya komitmen tersebut, kemungkinan besar akan ada pertimbangan jaminan dana pendidikan yang harus disertakan dan pendaftar harus datang langsung ke Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unair bersama orang tua.

"Bukan hanya punya komitmen, tapi tidak disampaikan ke kami. Ya atau tidak akan kami pertimbangkan," katanya.

Kendati memberikan komitmen studi double degree, student outbond maupun Bidikmisi, lanjut dia, nilai UTBK akan tetap menjadi acuan Unair dalam SBMPTN kali ini.

Sementara itu, program double degree di Unair baru dibuka di lima program studi yaitu akuntansi, psikologi, manajemen, ekonomi islam dan fakultas kedokteran gigi. Sedangkan, program student outbond dilakukan di setiap semester dengan kerja sama berbagai universitas di berbagai negara.
Baca juga: Unair sediakan 5.485 kuota untuk mahasiswa baru

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019