Untuk bantuan pangan seperti diberikan mi instan, atau bantuan fisik pertanian seperti traktor,
Maros (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan mitranya menyalurkan bantuan pertanian senilai Rp70 miliar.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan hingga saat ini bantuan dari Kementan RI dan mitra itu untuk sektor pertanian khususnya membantu petani yang terkena banjir dan puso.

"Mulai sejak awal bantuan disalurkan di Ambon, Palu dan daerah lainnya yang terancam puso dan sampai saat ini sudah Rp70 miliar bantuan dari Kementan dan mitra," ucapnya di sela kujungan kerja di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu.

Menurut dia, pihaknya sudah datangi Sulsel dan Sulawesi Tenggara (Sultra) khusus yang poso sekitar 3.000 hektare akan menerima bantuan bibit, pupuk, traktor hingga eksavator untuk membuat tanggul-tanggul supaya tidak terkena banjir.

Dia mengemukakan, bantuan tersebut dari Kementan bersama pengusaha-pengusaha mitra yang peduli sektor pertanian dengan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhannya.

"Untuk bantuan pangan seperti diberikan mi instan, atau bantuan fisik pertanian seperti traktor," katanya.

Sementara itu, juga diberikan asuransi dan bantuan bibit untuk mendukung negara agrarisi, khusus di Sulsel pertumbuhan ekonominya selalu diatas rata-rata nasional, sehingga harus dijaga dan didorong untuk mrnggunakan teknologi modern dan bibit unggul.

"Kita melakukan intensifikasi ini diera pertanian 4.0 dan di Sulsel ada tiga bendungan yang dibangun untuk mendukung sektor pertanian yakni Bendungan Baliase di Luwu Utara, Passeloreng di Kabupaten Wajo dan Karalloe di Jeneponto," jelasnya.

Dia menyebutkan, bendungan tersebut mampu mengairi persawahan yang ada di sekitarnya sehingga Sulsel sebagai daerah penyangga pangan nasional dapat semakin memperluas eksistensinya dalam mendukung swasembada pangan nasional.
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019