Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 42.727 orang dari berbagai wilayah di pulau Jawa dan Sumatera datang ke Jakarta melalui Terminal Kalideres, Jakarta Barat, sepanjang masa angkutan arus balik Lebaran 2019.

"Dari H+1 hingga H+7 dan sekarang tercatat 42.727 pemudik dari 3.754 bus yang kembali ke Jakarta lewat Terminal Kalideres," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain, Senin.

Revi mengatakan jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding masa angkutan arus balik tahun 2018 yang mencapai sekitar 60 ribu penumpang dari 2.420 bus.

Sementara untuk arus mudik tercatat sebanyak 38.207 penumpang yang meninggalkan Jakarta sejak H-7 hingga hari H lebaran, atau menurun dari tahun lalu yang mencapai 43.823 pada periode sama.

"Secara kuantitatif terjadi penurunan tapi secara kualitatif tidak ada keterlambatan atau hambatan pada arus Lebaran tahun ini," kata dia.
Baca juga: H+4 lebaran, 8.000 lebih pemudik kembali via Terminal Kalideres
Menurut dia, penurunan penumpang dipicu karena banyaknya program angkutan bus gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah, BUMN, maupun swasta. Adapun mayoritas penumpang baik mudik maupun balik didominasi oleh pemudik asal Jawa Tengah dan Sumatera.

Ia pun mengapresiasi langkah pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan fasilitas masa angkutan lebaran 2019. Kehadiran tol Trans Jawa dan Trans Sumatera hingga diberlakukannya sistem satu arah (oneway) membuat arus mudik maupun balik tergolong lancar.

Revi menggambarkan sebelum kehadiran dua tol tersebut keterlambatan bus yang kembali ke Terminal Kalideres bisa mencapai 4 hingga 6 jam. Namun kali ini keterlambatan hanya berkisar 1-2 jam.

"Tahun ini lancar, keterlambatan wajar masih sebentar. Saya lihat lancar sekali, malah terbantu adanya tol Trans Jawa dan Trans Sumatera," kata dia.

Usai selesainya masa angkutan lebaran 2019, nampak sejumlah penumpang di Kalideres masih menunggu jadwal pemberangkatan pada Senin siang.

Mereka merupakan para pelancong yang menghabiskan waktu liburan di sekitaran Jakarta. Terlebih beberapa sekolah masih libur dan melayani proses penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Begitu pula masyarakat yang datang ke Jakarta masih terlihat. Beberapa di antara mereka datang untuk mencari pekerjaan di sekitaran Megapolitan ini.

"Saya mau kerja di sini, ikut sama teman di pabrik daerah Tangerang," ujar Andika (27) salah satu warga asal Jawa Barat.
Baca juga: Mudik usai lebaran demi manfaatkan tiket murah

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019