Padang, (ANTARA) - DPW Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengusung dua kader mereka maju sebagai calon gubernur dalam Pemilu Gubernur Sumatera Barat pada 2020.

“Saat ini baru ada dua yang berpotensi untuk maju sebagai gubernur yakni Ketua DPW PAN Sumbar Ali Mukhni dan Epiyardi Asda,” kata Sekretaris DPW PAN Sumbar Indra dt Rajo Lelo di Padang, Kamis.

Menurut dia dalam menentukan calon yang akan diusung partai pihaknya tentu harus berkoordinasi dengan DPP PAN sehingga keputusan yang diambil semakin bagus.

“Kita dari sini akan merekomendasikan siapa yang akan maju dan keputusan pasangan yang diusung partai nanti akan diambil DPP,” katanya.

Sejauh ini kepastian kader yang akan maju dalam Pilgub Sumbar 2020 ini baru dinyatakan oleh Ketua DPW PAN Sumbar Ali Mukhni, sementara untuk Epiyardi Asda pihaknya tentu harus menanyakan terlebih dahulu kepada yang bersangkutan.

“Secara garis besar ada dua kader ini yang akan kita usung namun nanti kita juga akan membuka pendaftaran bakal calon gubernur dan tidak tertutup kedua orang ini saja yang berpotensi maju,” katanya.

Ia mengakui sejauh ini beberapa pihak telah menjalin komunikasi dalam menghadapi Pemilu Gubernur Sumatera Barat 2020 namun tidak terlalu sering namun tetap ada pendekatan.

“Sejumlah partai mulai mendekati namun tidak terburu-buru karena waktu masih cukup panjang dan segala kemungkinan dapat terjadi,” katanya

Dalam pemilu legislatif 2019, Partai Amanat Nasional (PAN) mendapatkan 10 kursi di DPRD Sumatera Barat. hasil tersebut menjadikan mereka mengamankan kursi Wakil Ketua DPRD Sumbar bersama PKS dan Demokrat sementara untuk Ketua DPRD Sumbar akan diambil oleh Partai Gerindra.

Sebagai salah satu syarat maju sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat setiap pasangan harus didaftarkan partai yang memiliki total kursi di DPRD Sumbar sebanyak 13 kursi.

“Waktu masih panjang dan lobi politik tentu dilakukan untuk mendapatkan calon pasangan terbaik yang akan diusung partai dalam Pilgub 2020 nantinya,” katanya.

Baca juga: Wali Kota Padang bantah pemasangan balihonya terkait pilkada gubernur

Baca juga: PKS siapkan tiga kader terbaik bertarung di Pilgub Sumbar 2020


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019