Jakarta (ANTARA) - Film "Koboy Kampus" melibatkan sejumlah aktor-aktris ternama Tanah Air, termasuk Jason Ranti dan Bisma Karisma, yang mengaku "dipaksa" oleh Pidi Baiq untuk terlibat di dalamnya.

"Saya diteror, di-WhatsApp sama asistennya. Ngomongnya gitu, ditunggu di The Panasdalam. Dalam hati, wah ngapain. Mana orangnya udah tua-tua kan. Terus, (saya) diminta sama ayah suruh jadi dia. Ya udah, sedetik doang langsung jawab mau," ujar Jason Ranti yang berperan sebagai Pidi Baiq dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Kejadian serupa juga dialami Bisma Karisma yang diminta berperan sebagai Deni atau Presiden The Panasdalam. The Panasdalam merupakan "negara" yang didirikan oleh Pidi Baiq bersama teman-temannya di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Bisma merasa terpaksa sekaligus salut melihat perjuangan Pidi dan rekan-rekannya ketika masih kuliah.

"Saya disuruh dan dipaksa sama imam besarnya (Pidi Baiq). Jadi presiden yang (punya) kewarganegaraannya cukup sedikit mah gampang. Ayah dengan perspektifnya sendiri lebih santai dalam menikmati hidup. Saya salut sih sama mereka ini," kata Bisma.

"Koboy Kampus" merupakan film biopik Pidi Baiq tentang masa masa kuliahnya. Dalam film itu, dia dengan berani membeberkan tentang pemikiran dan "ide gila"-nya pada 1995.

Film yang disutradarai oleh Pidi sendiri dan Tubagus Deddy itu juga bukan hanya menceritakan tentang hal-hal konyol semasa kuliah, melainkan juga tentang sikap kritis terhadap pemerintahan Orba Baru dengan cara yang kreatif dibandingkan sikap protes turun ke jalan melalui demonstrasi.

"Di sini, Pidi cerita gimana dia bisa di kampus sampai tujuh tahun. Kalau Dilan mungkin masih menerka-nerka apa dia Pidi Baiq atau bukan, "Koboy Kampus" fix adalah Pidi Baiq. Ayah cerita, saya rekam. Ceritanya sederhana dan unik dari The Panasdalam," ujar Deddy.

Film garapan MNC Pictures dan 69 Production itu akan tayang pada 25 Juli 2019 di bioskop-bioskop Tanah Air.

Selain Jason Ranti dan Bisma Karisma, pemain lain yang juga terlibat dalam "Koboy Kampus" adalah Ricky Harun, David John Schaap, Miqdad Addausy, Steffi Zamora Husein, Dania Riyadi, Vienny JKT48, Christina Colondam, Jennifer Lepas, Anfa Safitri, Chicha Koeswoyo, dan Ria Irawan.

Baca juga: Pidi Baiq ceritakan masa kuliahnya di film "Koboy Kampus"

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019