Depok (ANTARA) - PKS Kota Depok Jawa Barat menyiapkan kader internal sebanyak delapan orang untuk menjadi bakal calon Wali Kota Depok melalui pemilihan rakyat (pemira).

"Kami menggelar pemira hari ini untuk menjaring bakal calon Wali Kota Depok," kata Sekretaris Umum DPD PKS Kota Depok T.M. Yusufsyah Putra di Depok, Minggu.

Kedelapan nama bakal calon wali kota dari unsur Kader PKS yang masuk dalam pemira, yaitu Drs. Amri Yusra, M.Si., Ir. Imam Budi Hartono, Moh. Hafid Nasir, M. Said, M.Hum., M. Supariyono, Dr. Prihadoko, Qurtifa Wijaya, S.Ag., dan T. Farida Rachmayanti, M.M.

Baca juga: Anis : Pemira lebih irit dibanding Konvensi Demokrat

Ia mengatakan bahwa pemira di PKS bagian dari proses persiapan pemenangan pilkada untuk menjaring aspirasi seluruh kader terkait dengan bakal calon wali kota yang akan diajukan PKS dalam pilkada pada bulan September 2020.

Selain dari kader internal, Bendahara Umum DPD PKS Kota Depok Adriana Wirasantana mengatakan bahwa pihaknya juga akan mengajukan dari kalangan eksternal yang mempunyai tingkat elektabilitas tinggi.

"Masih sangat terbuka berbagai skenario pasangan calon wali kota yang akan diusung PKS pada tahun 2020, termasuk koalisi dengan parpol lain dan elemen masyarakat Kota Depok," katanya.

PKS adalah salah satu dari tiga parpol di Kota Depok produk Pemilu 2019 yang dapat mengajukan sendiri pasangan calon wali kota setempat periode 2020 s.d. 2025.

"Sebagai partai pengusung Wali Kota Depok yang telah tiga kali memimpin di kota ini sudah sewajarnya PKS mempersiapkan diri menyambut Pilkada 2020," ujarnya.

Penentuan dan penetapan calon wali kota masih melalui beberapa tahapan lagi, termasuk survei elektabilitas, komunikasi politik dengan parpol lain, dan syura di tingkat DPW dan DPP PKS.

Sebelum pemira, juga telah dilakukan penjaringan terbatas dari struktur DPC dan kader-kader tingkat DPra se-Kota Depok untuk mengusulkan nama-nama bakal calon wali kota dari unsur kader PKS yang akan diikutkan dalam pemira.

Baca juga: Pemira belum tentu dongkrak elektabilitas PKS

Pemira diselenggarakan di Kantor DPC PKS seluruh kecamatan se-Kota Depok yang diikuti seluruh kader yang akan memilih tiga dari 8 nama kader bakal calon wali kota.

Dengan berbagai prestasi dan pengabdian yang telah ditunjukkan kepala daerah di Kota Depok selama ini, PKS berharap warga Depok masih terus memberikan dukungan atas calon wali kota yang kelak akan diusung oleh PKS dalam Pilkada 2020.

"Tentunya ini untuk Depok yang makin baik, adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019