Semarang (ANTARA) - Kontingen Indonesia mewaspadai Malaysia dan Thailand dalam perhelatan olahraga antar pelajar se-Asia Tenggara ASEAN School Games ke-11 yang akan diselenggarakan pada 17 hingga 25 Juli 2019 di Semarang, Jawa Tengah.

“Di ASEAN School Games 2018, Malaysia menjadi juara umum, tentu akan menjadi lawan terberat yang harus diwaspadai. Selain itu, kita juga harus waspada dengan Thailand karena tahun lalu menduduki peringkat tiga,” kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Yayan Rubaeni di Gelanggang Olahraga (GOR) Tri Lomba Juang Mugas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

Meskipun demikian, dia mengaku optimistis para pelajar Indonesia akan mampu menghadapi kedua negara tersebut dan merebut gelar juara umum dalam penyelenggaraan ASEAN School Games tahun ini.

Menurut dia, cabang olahraga renang akan menjadi andalan Indonesia dengan target sekitar 12 hingga 14 medali emas. Selain itu, atletik juga ditargetkan mampu mengumpulkan delapan medali emas. Sedangkan dari cabang olahraga pencak silat, diharapkan dapat meraih lima atau enam medali emas.

Baca juga: Menpora : Sebagai tuan rumah, wajar Indonesia targetkan juara ASG

“Untuk cabang bulutangkis, semula kami menargetkan empat medali emas. Tapi karena kekuatan terbaik kita pada nomor junior harus mengikuti turnamen Asia Junior, kami berharap bisa meraih dua medali emas,” ujar Yayan.

Lebih lanjut, dia menuturkan di kelas beregu, tim Indonesia menaruh harapan medali emas melalui cabang olahraga bola basket putri dan bola voli putri. Sementara tenis meja dan sepak takraw ditargetkan meraih medali perak.

“Di cabang olahraga tenis, terutama nomor perorangan putri dan ganda putri diharapkan juga bisa mendapatkan medali emas. Kami optimistis kali ini akan semakin banyak yang masuk final. Kami juga berharap yang kemarin hanya mendapat medali perak, sekarang bisa dapat medali emas,” tutur Yayan.

ASEAN School Games merupakan perhelatan olahraga yang diikuti oleh para pelajar dari 10 negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara.

Pada 2018 lalu, Indonesia menduduki peringkat kedua dalam perhelatan olahraga tersebut. Sedangkan peringkat pertama ditempati oleh Malaysia dan peringkat ketiga diisi oleh Thailand.

Baca juga: ASG 2019 dibuka di Semarang ditutup di Borobudur

Baca juga: Seluruh arena Asean School Games 2019 siap digunakan

Baca juga: Pimpinan kontingen Asean School Games 2019 bertemu di Semarang


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019