Banjarbaru (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Yazid Fanani mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya kepada Polri selama ini.

"Dalam tiga tahun terakhir, seiring Program Promoter Kapolri, kepercayaan publik semakin meningkat. Hal ini tidak terlepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat," kata Kapolda pada syukuran Hari Bhayangkara ke-73 yang berlangsung di Aula Sekolah Kepolisian Negara (SPN) di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: Polda pastikan situasi Kalimantan Selatan kondusif

Ia mengemukakan tiga poin utama dalam Program Promoter, yakni peningkatan kinerja, perbaikan kultur dan manajemen media, ungkap Yazid, secara konsisten juga dilakukan Polda Kalsel dan jajaran demi meraih kepercayaan masyarakat.

"Pembangunan zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) jadi komitmen kami untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan. Semua adalah ikhtiar agar ke depan semakin baik dan baik lagi," tutur jenderal bintang dua itu.

Kapolda menyadari capaian Polri dan Polda Kalsel di daerah ini khususnya, tidak terlepas dari dukungan dan bantuan seluruh pemangku kepentingan, TNI, pemda, dan seluruh masyarakat.

Baca juga: Polisi gulung jaringan pengedar, 56.502 jiwa terhindar bahaya narkoba

Oleh karena itu, menurut dia, ke depan diharapkannya dukungan dapat terus diberikan, karena setiap permasalahan tidak bisa diselesaikan secara parsial.

"Kami berharap sinergitas yang sudah terbangun baik ini ke depan tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan untuk Banua Kalsel yang aman dan kondusif," katanya menegaskan.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan istri saat pemotongan nasi tumpeng dalam syukuran Hari Bhayangkara ke-73 di SPN Banjarbaru. (antara/foto/firman)
Seiring 73 tahun masa pengabdian Polri, Kapolda pun menyadari masih ada kekurangan dan keterbatasan. Untuk itu, dia sangat berharap saran dan masukan terutama terhadap titik lemah yang dirasa masyarakat masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

"Dengan demikian, ke depan pengabdian Polda Kalsel bisa lebih baik lagi sejalan dengan semangat Promoter pengabdian Polri untuk masyarakat, bangsa, dan negara," kata Kapolda.

Pada kesempatan syukuran itu, Kapolda beserta istri, Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan Rinny Yazid Fanani, melakukan tradisi potong nasi tumpeng yang diberikan kepada anggota Polri termuda dan berprestasi serta kepada purnawirawan.

Kapolda juga menyerahkan sejumlah piala untuk para pemenang lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-73 Bhayangkara.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan forkopimda seluruh usai upacara Hari Bhayangkara ke-73 di SPN Banjarbaru. (antara/foto/firman)
Sebelum syukuran, juga dilaksanakan upacara peringatan Hari Bhayangkara di lapangan SPN Polda Kalsel di Banjarbaru dengan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bertindak sebagai inspektur upacara.

Tampak hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel seperti Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto, Danlanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko, dan Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin.

Hadir juga Kabinda Kalsel Brigjen Pol Winarto, Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan Hary Budi Wicaksono dan sejumlah tokoh lainnya.

Hari Bhayangkara sejatinya diperingati setiap tanggal 1 Juli. Namun untuk tahun ini, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menginstruksikan gelaran upacara dan syukuran dilaksanakan serentak pada 10 Juli 2019.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019