London (ANTARA) - Kepolisian Inggris mengatakan telah menahan seorang pria yang nekat memanjat pintu gerbang depan Istana Buckingham, hampir 37 tahun sampai hari ini setelah penyusupan paling terkenal di kediaman raja di Kota London.

Menurut dia, pria berusia 22 tahun itu ditangkap pada Rabu dini hari lantaran diduga melakukan pelanggaran keamanan setelah menerobos masuk ke halaman istana.

Surat kabar Sun menyebutkan butuh waktu empat menit bagi petugas untuk menangkapnya. Pelaku menggedor pintu ketika ratu berusia 93 tahun itu sedang tertidur di kamarnya.

"Pria tersebut tidak ditemukan memiliki senjata serangan apapun dan insiden ini tidak diperlakukan sebagai tindakan terkait teroris," kata polisi dalam satu pernyataan. Pelaku kini ditahan di kantor polisi Kota London.

Insiden itu terjadi hampir tepat 37 tahun pasca-penerobosan menghebohkan ke dalam istana yang dilakukan oleh Michael Fagan pada 9 Juli 1982. Fagan memanjat pipa drainase untuk masuk ke kamar ratu dan duduk berbincang dengannya selama 10 menit sebelum akhirnya dapat meminta bantuan.

Sejumlah orang ditahan dalam beberapa tahun terakhir setelah menyusup masuk ke halaman istana.

Sumber Reuters

Baca juga: Meghan Markle dilarang makan makanan favoritnya ini di istana

Baca juga: Polisi ringkus tersangka kedua serangan pedang di Istana Buckingham

Baca juga: Kepolisian Inggris akan tutup jalan sekitar Istana Buckingham

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019