STAIN Meulaboh Aceh gelar kuliah daring internasional perdana

id kuliah online

Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mengikuti kuliah dari internasional dengan menghadirkan narasumber Miwa Ueda, kandidat doktor di University of Foreign Studies, Kobe City, Jepang, Rabu (10/7/2019). (ANTARA/Dok. STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh)

Meulaboh (ANTARA) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menggelar kelas online internasional perdana di perguruan tinggi setempat, dengan narasumber Miwa Ueda, kandidat doktor di University of Foreign Studies, Kobe City, Jepang.

"Tujuan program kuliah jarak jauh ini, untuk menambah wawasan lintas keilmuan sekaligus berbagi pengetahuan dengan narasumber internasional, khususnya bagi mahasiswa maupun dosen," kata koordinator kuliah online STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat, Faizatul Husna di Meulaboh, Kamis.

Program tersebut juga diharapkan mampu mengantarkan mahasiswa untuk dapat bersaing di level nasional maupun internasional, serta memberi pengalaman belajar yang baru dan berbeda.

Kelas internasional perdana ini mengusung tema mengenai kehidupan guru di Jepang (teacher’s life in Japan) yang diikuti oleh puluhan mahasiswa.

Baca juga: Kuliah "online" dapat tingkatkan kualitas pendidikan, kata Menristekdikti

Miwa berbagi pengalaman selama menjadi guru di Jepang, memberi pengetahuan seputar masalah kedisiplinan guru dan murid, serta kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi guru di Jepang.

"Miwa juga memberi gambaran mengenai isu kesejahteraan guru yang dinilai cukup baik di negara matahari terbit tersebut," kata Faizatul.

Selain itu, Miwa juga memberi masukan mengenai metode mengajar di kelas untuk tiap jenjang pendidikan, mulai sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi, agar pembelajaran di kelas tidak membosankan dan dapat diterima antusias oleh siswa.

Baca juga: Universitas Terbuka gandeng 10 kampus selenggarakan kuliah daring

Kelas daring (online) ini digagas oleh ia sendiri selaku dosen jurusan tarbiyah bekerjasama dengan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa, Tuti Hidayati dan Rena Juliana serta tim UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Dalam kesempatan ini sejumlah mahasiswa juga mengajukan sejumlah pertanyaan kepada narasumber. Termasuk metode meningkatkan motivasi belajar bagi siswa, tambahnya.

Baca juga: Menristekdikti uji coba kuliah daring di tujuh perguruan tinggi

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar