Kuala Lumpur (ANTARA) - Salah satu perusahaan penerbangan AirAsia akan bertransformasi menjadi perusahaan aplikasi berbasis finansial teknologi sebagai inovasi korporasi.

"Nantinya bisnis penerbangan sendiri hanya akan menjadi salah satu usaha yang dijalankan oleh Air Asia Group, ini bentuk inovasi yang sedang dikembangkan," kata Group Head Communication AirAsia Audrey Progastama Petriny di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat.

Untuk menjadi perusahaan fintech sendiri, perkembangan hingga saat ini di Indonesia, AirAsia sedang menunggu perizinan dari OJK sebagai pemegang otoritas.

Air Asia akan mengembangkan bisnisnya dalam tiga pembagian sektor utama yaitu pertama lifestyle, dengan mengunggulkan aplikasi AirAsia.com yang akan menawarkan banyak pilihan fitur sesuai kebiasaan konsumen

Kedua bisnis logistik atau kargo, yang masih bisa dimanfaatkan melalu jasa transportasi di 200 pesawat yang dimilikinya.

Ketiga adalah aplikasi fintech sendiri yang bernaung dalam "Big Pay" atau dompet elektronik. Aplikasi tersebut mampu digunakan untuk sistem pembayaran diseluruh ASEAN.

Dengan inovasi yang ditawarkan adalah terjadinya transaksi nilai tukar yang terproses otomatis tanpa harus menuju ke agen penukaran uang.

"Charge kami dibandingkan dengan memakai kartu kredit atau ke agen penukaran uang bisa dipastikan akan lebih rendah, itu keunggulannya nanti," kata Audrey.

Namun saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan, dan Indonesia saat ini masih sebesar 10 persen pengguna aplikasi AirAsia.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019