Tujuh ruas jalan tol tersebut merupakan usulan dari badan usaha kepada Kementerian PUPR
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melelang ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta-New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo, DIY, pada Agustus tahun ini.

"Kalau yang ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta - New Yogyakarta International Airport Kulonprogo mungkin akhir Juli atau Agustus ini, itu yang paling siap," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa.

Tol Solo-Yogyakarta - New Yogyakarta International Airport Kulonprogo sepanjang 91,93 km merupakan salah satu dari tujuh proyek jalan tol yang akan dilelang pemerintah pada tahun ini.

Enam ruas jalan tol lainnya yakni Semanan-Balaraja sepanjang 31,9 km, Kamal-Teluknaga-Rajeg sepanjang 38,6 km, Akses  Pelabuhan Patimban 37,7 km, Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 184 Km, Yogyakarta-Bawen sepanjang 77 km, dan Balikpapan-Penajam Paser Utara sepanjang 7,35 km.
 

Tujuh ruas jalan tol tersebut merupakan usulan dari badan usaha kepada Kementerian PUPR.

"Ini yang baru mau ditender, tujuh proyek ruas jalan tersebut," kata Menteri PUPR. Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan tender untuk tujuh jalan tol tersebut.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menyatakan bakal melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan investasi sektor swasta, antara lain dengan melelang tujuh ruas tol pada 2019.

Melalui skema KPBU (kerja sama pemerintah dan badan usaha), pemerintah bertujuan mengatasi ketimpangan pendanaan infrastruktur, terutama jalan tol demi ketepatan waktu penyelesaiannya, sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi negara dan masyarakat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan bahwa pembangunan jalan tol diperlukan untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah dan efisiensi biaya logistik yang masih menjadi permasalahan dunia usaha.

Pada 2019 ini, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melelang tujuh ruas jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp151,13 triliun.

Baca juga: Kementerian PUPR: tujuh ruas tol akan dilelang 2019
Baca juga: Kementerian PUPR akan finalisasi trase Jalan Tol Solo-Yogyakarta
Baca juga: BPCB : Tol Yogya-Solo Lewat Manisrenggo hindari situs cagar budaya

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019