Sigi (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan senilai Rp1 miliar untuk membangun kembali Madrasah Tsanawiyah (Mts) Alkahiraat di Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromari, Kabupaten Sigi yang rusak berat akibat bencana gempa dan likuefaksi 28 September 2018.

"Bantuan ini merupakan amanah dari masyarakat Jawa Tengah. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk pendidikan kader-kader penerus bangsa yang soleh dan soleha di madrasah ini," ujar Ketua PMI Jateng Mu'rifah usai meletakkan batu pertama pembangunan MTs Alkhairaat, Kamis.

Dalam acara pelatakkan batu pertama yang disaksikan Ketua PMI Sigi Agus Lamakarate, Pengurus Besar Alkhairaat Pusat KH. Mansur A Baba dan perwakilan Kemenag Sigi dan toiog masyarakat sekitar, ia menerangkan batuan tersebut berasal dari donasi kemanusiaan yang digalang PMI Jawa Tengah dan masyarakat melalui Dompet Kemanusiaan Suara Merdeka.
Baca juga: Walhi Sulteng salurkan 339 paket pendidikan untuk korban gempa Sigi

Bantuan tersebut juga ditujukan untuk pembangunan sejumlah tempat ibadah yang rusak saat bencana di wilayah itu.

"Semoga bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi para peserta didik dan masyarakat. Saya juga berharap jika madrasah dan tempat ibadanya telah selesai dibangun dapat dirawat dan dijaga,"harapnya.

Sementara itu Ketua PMI Sigi Agus Lamakarate mengaku sangat bersyukur atas kepedulian dan bantuan yang diberikan oleh masyarakat Jateng melalui PMI Jateng. Rencananya pembangunan madrasah tersebut akan memakan waktu sekita tiga bulan

"Bangunan yang dirancang tahan gempa ini, nantinya dilengkapi empat ruang belajar yang dilengkapi alat pemadam api, wastafel, kamera pengawas, pengeras suara dan peralatan lainnya,"katanya.

Perwakilan Pengurus Besar Alkhairaat Pusat KH Mansur A Baba juga mengungkapkan rasa syukur yang sebesar-besar nya kepada Allah SWT atas kepedulian dan bantuan yang diberikan untuk pembangunan madrasah tersebut.

"Alhamdulillah wa syukurillah, kami hanya bisa mengucapkan terimakasih dan mendoakan untuk masyarakat Jateng agar selalu diberi kesehatan dan berlimpah berkah, Amin," doanya.
Baca juga: Perempuan-anak terdampak bencana Sigi mendapatkan bantuan
Baca juga: FAO distribusikan bantuan untuk petani dan nelayan di Sulawesi Tengah

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019