Jakarta (ANTARA) - Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Duta Anti Narkoba UMN bekerja sama dengan perguruan tinggi itu melakukan tes urine secara mendadak.

“Kita bekerjasama dengan pihak kampus untuk melakukan tes urine secara mendadak,” kata Duta Anti Narkoba, Kezia Gananda di Jakarta, Rabu.

Kezia menjelaskan, tes urine tersebut merupakan kewajiban bagi mahasiswa baru di Universitas Multimedia Nusantara.

Selain melakukan tes urine, dirinya sebagai Duta Anti Narkoba terus mengkampanyekan kepada mahasiswa yang ada di lingkungan UMN untuk tidak menggunakan narkoba dengan cara menggelar acara tahunan yang diberi nama aksi narkoba week.

Baca juga: Polres Metro Jaksel minta peran aktif kampus untuk berantas narkoba

Dalam acara tahunan tersebut juga digelar aksi kampanye anti narkoba, lomba-lomba yang berkaitan dengan narkoba, serta seminar bahaya narkoba yang menghadirkan nara sumber yang cukup terkenal.

“Tahun lalu kita mengundang Raditya Oloan dan Joanna Alexandra yang dulunya pemakai juga sekaligus pengedar,” kata dia.

Dirinya mengatakan, dari cerita Raditya Oloan dan Joanna Alexandra yang menjadi motivasi tersendiri bagai anak muda untuk tidak menggunakan narkoba, karena mereka bilang, mereka menyesal memakai narkoba.

Sebelumnnya Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Barat melakukan Penangkapan dua oknum mahasiswa TW (23), PHS (21) dan tiga tersangka lainnya HK (27), AT (27), FF (31) dilakukan di dua tempat terpisah, ditangkap di salah satu universitas di Jakarta Timur, Selasa (23/7) pukul 14.00 WIB, dengan barang bukti ganja 11 kilogram, kemudian di kawasan Bekasi, Senin (29/7) pukul 02.00 WIB dengan barang bukti ganja 1 kilogram.

Baca juga: Polisi: Peredaran ganja di lingkungan kampus libatkan alumni

Sebanyak 80 kilogram ganja dibagi ke masing-masing kampus yang ada di DKI Jakarta, 39 kilogram sudah diedarkan di kampus yang berada di Jakarta Barat, dua kampus di Jakarta Selatan 9 kilogram, kemudian 12 kilogram di salah satu universitas di Jakarta Timur. Kemudian sisanya masih dalam penyidikan.

Baca juga: Potret narkoba di kampus ibu kota

Pewarta: Nova Wahyudi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019