Jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Kita harus menampilkan kesenian soreng ini dengan sebaik-baiknya. Jutaan pasang mata akan ikut menyaksikan penampilan soreng ini
Magelang (ANTARA) - Sebanyak 200 penari soreng dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bakal tampil di Istana Negara, Jakarta, dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2019.

"Kita patut berbangga seni tari soreng yang kita miliki diberi kesempatan pentas di Istana Negara pada 17 Agustus 2019," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana di Magelang, Jumat.

Ia menyatakan bahwa hal ini membuktikan bahwa kebudayaan dari Magelang sudah dikenal dan diperhitungkan.

Ia berpesan kepada tim soreng Kabupaten Magelang untuk berlatih secara intensif dan tampil secara maksimal dalam pentas kesenian tersebut.

"Jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Kita harus menampilkan kesenian soreng ini dengan sebaik-baiknya. Jutaan pasang mata akan ikut menyaksikan penampilan soreng kita ini. Mari tampilkan yang terbaik," katanya.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Magelang Ahmad Husein mengatakan berdasarkan Undang Undang Kebudayaan, saat Kongres Kebudayaan tahun 2018, Bupati Magelang telah menyerahkan pokok-pokok pikiran dan kebijakan kebudayaan daerah.

Di dalamnya menjelaskan bahwa Kabupaten Magelang memiliki potensi budaya, di mana semua itu sudah didaftarkan oleh Bupati Magelang, salah satunya adalah seni budaya tradisional tari soreng tersebut.

"Melalui inilah kita terdeteksi memiliki satu dari sekian banyak kesenian, yang akhirnya diberi kesempatan untuk bisa tampil di Istana Negara pada 17 Agustus mendatang," katanya.

Ia mengatakan saat ini tim soreng Kabupaten Magelang telah melakukan persiapan dan proses latihan intensif yang ditangani oleh pelatih dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

"Jumlah personel penari ada 200 orang yang terdiri dari siswa SD, SMP, dan masyarakat dari Kecamatan Grabag, Pakis, dan Ngablak, ditambah tim official. Pentas soreng secara kolosal ini ditangani langsung oleh pelatih dari ISI Surakarta," katanya.

Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana merasa bangga atas kesempatan yang telah diberikan kepada Kabupaten Magelang untuk mementaskan kesenian di Istana Negara.

Ia meminta seluruh pemain atau personel tim soreng Kabupaten Magelang benar-benar mempersiapkan secara matang. Tim soreng agar tetap membawa nama baik Kabupaten Magelang saat pentas di Istana Negara.

Tim soreng Kabupaten Magelang akan berangkat ke Jakarta pada 13 Agustus 2019. 

Baca juga: Siswa Korsel-petani Merbabu pentaskan tari soreng di FLG

Baca juga: Petani Magelang Hidupkan Lagi Tarian "Goh Muko"

Baca juga: Galeri seni rupa Magelang pameran bersama

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019