Kairo (ANTARA) - Eid Al Salwaawi, warga Mesir, menggambar mural ritual jemaah haji di dinding sebuah rumah di permukiman Sayeda Zainab, Kairo.

Terkadang ia bersedia melukis adegan-adegan yang merayakan haji serta kisah-kisah dan pelajaran agama.

Setiap tahun umat Islam dari seluruh dunia berangkat ke Kota Suci Mekah di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, salah satu rukun Islam. Haji tahun ini akan berakhir pada Minggu.

Pria berusia 69 tahun itu menuturkan adegan haji yang ia lihat di dinding rumah-rumah di desanya saat seorang anak di Provinsi Aswan menangkap imajinasinya. "Jadi saya menggambar karavan unta dan para tentara yang mengenakan topi tradisional yang menjaga mereka," kata dia.

Baca juga: Mesir buka perlintasan Gaza untuk jamaah haji

Peralatan yang ia gunakan cukup sederhana seperti sikat dari daun palem buatan, campuran cat, cuka, air mawar, getah Arab dan lem.

Salah satu mural menggambarkan perempuan saat mereka menunaikan haji, dengan berpakaian cerah. Sementara itu mural lainnya menunjukkan sebuah karavan membawa permadani penutup Ka'bah, situs paling suci umat Islam. Ia menghiasi karya seninya dengan doa-doa dan ayat-ayat Quran.

Baca juga: Tingginya biaya hidup membuat banyak warga Mesir batal tunaikan haji

Baca juga: Korban meninggal Tragedi Mina dari Mesir juga bertambah


Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019