Kabupaten Jayapura Terus Berupaya Eliminasi Angka Malaria

Kabupaten Jayapura Terus Berupaya Eliminasi Angka Malaria

Seorang anak tidur menggunakan kelambu yang dibagikan.

Jayapura (ANTARANews) - Pemerintah Kabupaten Jayapura terus berupaya untuk mengeliminasi penyebab dan penyebaran Penyakit Malaria. Karena hingga saat ini penyakit yang disebarluaskan melalui gigitan nyamuk itu masih menjadi momok anak-anak, balita dan orang dewasa. 

Untuk itu upaya dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang tengah terus dilakukan pemerintah kabupaten Jayapura untuk dapat mengeliminasi dan mencegah penyebaran malaria. Apa lagi, dalam waktu dekat ini PON XX akan dilaksanakan di Papua dan Kabupaten Jayapura adalah salah satu klaster dengan 11 cabang olahraga.

Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah berupaya sejak lama, dengan mendiagnosa penderita malaria dengan benar melalui pemeriksaan laboratorium, yang selanjutnya di obati dengan standart Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Di samping itu beberapa upaya juga terus dilakukan, diantaranya memberi pelatihan bagi Kader Malaria dalam program kampung Siaga Malaria (Siamal) sehingga mampu mendiagnosa setiap pasien dengan sistem Rapid Diagnostic tests (RDTs). Dengan menggunakan RDTs maka Dinkes berharap dapat menemukan malaria dengan cepat dan mengobati dengan benar sehingga dapat memutuskan mata rantai penyakit malaria.

Selain itu Dinkes juga melakukan pencegahan dengan kelambu anti malaria yang rutin dibagikan di setiap kampung untuk mencegah penyebaran malaria melalui nyamuk.

"Seluruh masyarakat kita beri kelambu agar terhindar dari nyamuk malaria, jadi Kabupaten Jayapura sudah klambunisasi massal sejak 2008 dan sampai sekarang kita rutin membagikan kelambu baru," kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw belum lama ini di Sentani.

Selain itu dalam mengeliminasi malaria, Dinas Kesehatan juga melibatkan seluruh masyarakat dalam program Siaga Malaria (Siamal), yang tiga orang dari setiap kampung dibekali melalui pelatihan untuk bagaimana dapat mendeteksi lebih awal gejala malaria.

Upaya lainya untuk mengeliminasi malaria oleh dinas kesehatan juga dilakukan melalui penyemprotan Insektisida di setiap daerah berisiko dengan alat dan obat yang sediakan di setiap kampung.

"Mungkin tidak bisa sampai habis sama sekali, tetapi kita bisa eliminasi pada angka tertentu di mana tidak menjadi kekawatiran dan masalah kesehatan," harap Bupati Jayapura.(ADV)

Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024