Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat dua kasus baru muncul di Kabupaten Karimun setelah daerah tersebut sempat nihil selama sepekan.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Adi Prihantara, di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan, jumlah kasus aktif di Kepri bertambah menjadi lima orang setelah muncul dua kasus baru di Karimun.

"Sudah lebih sepekan tidak ada kasus baru COVID-19 di Kepri. Hari ini muncul dua kasus di Karimun, mudah-mudahan pasien segera sembuh," ucap Sekda Kepri itu.

Adi mengemukakan tiga kasus COVID-19 di Kepri berada di Batam sebanyak dua orang dan Tanjungpinang satu orang. "Sebentar lagi pasien segera sembuh setelah lebih sepekan dalam masa penyembuhan," ujarnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana menambahkan, empat kabupaten lainnya di Kepri yakni Kepulauan Anambas, Lingga, Bintan dan Natuna nihil kasus aktif COVID-19. Bahkan Kepulauan Anambas dan Lingga telah ditetapkan sebagai zona hijau karena sudah lebih dari sebulan nihil kasus aktif COVID-19.

Sementara lima kabupaten dan kota lainnya di Kepri yakni Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, dan Natuna ditetapkan sebagai zona kuning atau risiko penularan rendah.

"Natuna potensial ditetapkan sebagai zona hijau karena sudah lebih empat pekan nihil kasus aktif," tuturnya.

Mantan Kadis Kesehatan Kepri itu mengimbau masyarakat untuk mendukung program vaksinasi COVID-19. Saat ini, animo masyarakat untuk vaksinasi semakin berkurang.

Capaian vaksinasi di Kepri untuk dosis pertama1.762.584 orang atau 97,77 persen, dosis kedua 1.517.801 orang atau 84,20 persen dan dosis ketiga atau penguat 613.896 orang atau 44,70 persen.

Pewarta : Nikolas Panama
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024