Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Zaini menyebutkan sebanyak 112 calon anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan lulus seleksi administrasi dan sudah menjalani tes tertulis online.

"Tes tertulis online pada hari Jumat (14/10)," kata Zaini di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu.

Zaini mengatakan bahwa peserta tes tertulis menjawab 100 butir soal terkait dengan UUD NRI Tahun 1945, Pancasila, demokrasi, kepemiluan, kepengawasan, ketatanegaraan, kepartaian, peraturan perundangan-undangan terkait untuk menguji pengetahuan dan wawasan calon anggota panwaslu kecamatan.

Diinformasikan bahwa pada tanggal 17 Oktober 2022 akan diumumkan enam besar peserta tes tertulis dengan peringkat nilai yang tertinggi dari empat kecamatan se-Kota Tanjungpinang.

Dengan demikian, kata dia, akan ada 24 orang dari empat kecamatan yang akan mengikuti tahapan berikutnya, yaitu tes wawancara.

"Tes wawancara rencananya pada tanggal 20 Oktober 2022 di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang guna mengetes kompetensi, kelayakan, dan kepatutan calon angota panwaslu kecamatan," ujar Zaini.

Hasil dari tes wawancara, lanjut dia, akan diumumkan tiga besar dari masing-masing kecamatan. Dengan demikian, total ada 12 calon anggota panwaslu kecamatan se-Kota Tanjungpinang yang akan terpilih dan dilantik antara 26 dan 28 Oktober 2022.

Zaini berharap calon anggota panwaslu kecamatan yang terpilih memiliki integritas dengan karakteristik jujur, adil, dan independen serta profesionalitas dengan karakteristik memahami peraturan perundangan-undangan, dan kompetensi kepemiluan.

"Karena mereka sebagai ujung tombak pengawasan di tingkat kecamatan untuk mengawasi Pemilu 2024 yang demokratis, berkualitas, damai, dan kondusif dalam proses dan hasil pesta demokrasi," ucap Zaini.


Pewarta : Ogen
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024