Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua KONI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Usep RS, menyampaikan sebanyak 11 atlet dari lima cabang olahraga sudah mendapatkan tiket lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024.

"Sampai hari ini, Kepri telah meloloskan 11 atlet dari lima cabang olahraga yang mengikuti pelaksanaan Pra PON selama bulan Juli 2023, untuk mendapatkan tiket PON 2024," kata Usep RS di Batam, Ahad (23/7).

Usep memerinci 11 atlet dari lima cabang olahraga yang lolos PON tersebut, antara lain Ski Air satu atlet, Airmodelling dua atlet, Menembak dua atlet, Woodball satu atlet, dan Hapkido lima atlet.
 
"Untuk cabang olahraga Hapkido. Alhamdulillah, mencapai target dengan meloloskan lima atlet," ujarnya.

Usep menyampaikan jumlah cabang olahraga yang akan mengikuti Pra PON 2023 sebanyak 42 cabang olahraga. Sementara yang akan mengikuti multi iven Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) X Sumatera di Provinsi Riau pada bulan November 2023 sebanyak 10 cabang olahraga. Sehingga, total ada 52 cabang olahraga yang bersaing demi mendapat tiket PON Aceh - Sumatera Utara.

Ia menambahkan untuk cabang olahraga balap motor, mulai pelaksanaan Pra PON pada tanggal 24-26 Juli 2023 di Sentul International Carting, Bogor. Provinsi Kepri sendiri, menurunkan empat atlet yang akan bersaing dengan 34 provinsi untuk memperebutkan tiket lolos PON.

Kemudian untuk nomor Grasstrack akan dilaksanakan tanggal 28-30 Juli 2023 di sirkuit Carglos, Citeureup Bogor.

"Peluang untuk cabang olahraga motor ditargetkan empat nomor lolos PON 2024," ungkap Usep.

Sedangkan untuk cabang olahraga Tinju dilaksanakan 20-30 Juli 2023 di Makassar dan Kupang, Golf tanggal 25-27 Juli 2023 di Jatinangor, Jawa Barat, dan Bridge tanggal 25 Juli hingga 1 Agustus 2023 di Palembang.

"Cabang olahraga tinju ditargetkan tiga nomor lolos, Golf empat nomor lolos, dan Bridge tiga nomor lolos," ucap Usep.

Sementara, Ketua Satgas Pra-PON Provinsi Kepri, Buralimar, menyampaikan cabang olahraga yang akan mengikuti Pra PON di bulan Agustus 2023 sebanyak sepuluh cabang olahraga.

Saat ini, menurutnya, pengurus provinsi atau pengprov masing-masing cabang olahraga sedang melaksanakan seleksi atlet. Cabang olahraga yang baru selesai melaksanakan seleksi, ialah Biliar sebanyak tujuh atlet lolos seleksi dan akan mengikuti pra PON di Jakarta.

"Kami optimistis dari sepuluh cabang olahraga tersebut dapat meloloskan atletnya dan mendapatkan tiket lolos PON 2024 Aceh-Sumut," ujarnya

Buralimar juga sangat mengapresiasi terhadap pencapaian luar biasa ditorehkan pengprov cabang olahraga yang relatif baru di Provinsi Kepri, seperti Hapkido, Woodball dan Aeromodelling.

"Kita optimistis target perolehan medali kontingen Provinsi Kepri pada PON 2024 makin bertambah, karena beberapa cabang olahraga baru menunjukkan potensi dan pencapaian luar biasa," demikian Buralimar.



 

Pewarta : Ogen
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024