Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca wilayah Kepulauan Riau pada Selasa, masih berpotensi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang.

Prakirawan Debora menyebut, potensi hujan lokal ini juga dapat disertai kilat atau petir di beberapa wilayah Kepri terjadi pada pagi dan siang hari.

Menurut dia, kondisi cuaca Kepri ini dipengaruhi kelembapan udara lapisan atas yang cenderung kering kurang mendukung proses pertumbuhan awan-awan hujan.

“Secara umum kondisi cuaca hari ini diprakirakan cerah berawan hingga berawan, namun masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir/kilat di beberapa wilayah Kepri pada pagi dan siang hari,” kata Debora.

BMKG juga meningkatkan adanya potensi kenaikan gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di wilayah Laut Utara Natuna.

Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.

Cuaca Kota Batam pagi dan siangnya diprakirakan berawan, malam hingga dini harinya cerah berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan angin datang dari arah Selatan dengan kecepatan 2-6 km/jam.

Selanjutnya di Kota Tanjungpinang sepanjang hari diprakirakan berawan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-32 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 2-10 km/jam.

Begitu pun cuaca Kabupaten Bintan sepanjang hari diprakirakan berawan. Suhu udara berkisar antara 24-32 derajat celcius, angin bertiup dari arah Selatan berkecepatan 2-8 km/jam.

Lalu cuaca Kabupaten Karimun, pagi dan siang hari berawan tebal, malam dan dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 1-7 km/jam.

Cuaca Kabupaten Lingga pagi dan siangnya diprakirakan hujan ringan, malam dan dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius. Angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 3-11 km/jam.

Kabupaten Natuna pagi berawan, siangnya hujan dengan intensitas sedang, malam dan dini harinya berawan. Suhu udara diperkirakan 24-31 derajat celcius, dan angin dari arah Barat dengan kecepatan 8-15 km/jam.

Terakhir Kabupaten Anambas pagi dan siangnya berawan, malam dan dini hari cerah berawan. Suhu udara berkisar antara 26-33 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 2-13 km/jam.

Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Kepri di Batam, Tanjungpinang/Bintang, Karimun, Lingga hingga Anambas dalam kategori tenang (0,1-05 meter), sedangkan Natuna dalam kategori sedang (1,25-2,50 meter).


Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024