Gempa kuat guncang Jepang, picu tsunami

id Gempa Jepang,Tsunami,Badan Meteorologi Jepang

Gempa kuat guncang Jepang, picu tsunami

Dokumentasi - Seorang staf perpustakaan mencoba merapikan buku - buku yang berjatuhan dari rak akibat gempa bumi kuat di Kota Iwaki di Iwaki, Prefektur Fukushima, Jepang 14 Februari 2021. ANTARA/REUTERS / Issei Kato/pri.

Tokyo (ANTARA) - Gempa kuat mengguncang wilayah pantai timur laut Jepang pada Sabtu dan menghantam wilayah yang pernah hancur akibat bencana 2011 serta menyebabkan tsunami setinggi satu meter, demikian dilaporkan stasiun penyiaran NHK.

Gempa melanda pantai Prefektur Miyagi pada pukul 18.26 waktu setempat dan memiliki kekuatan 7,2 magnitudo pada kedalaman 60 km, kata Badan Meteorologi Jepang.

Perusahaan Tohoku Electric Power menghentikan kegiatan pembangkit nuklir Onogawa dan sedang memeriksa gangguan lainnya, lapor NHK.

Sementara itu, perusahaan Tokyo Electric Power sedang memeriksa kondisi pembangkit listrik Fukushima Dai-Ichi, yang hancur akibat gempa dahsyat Maret 2011 hingga menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal.

Tayangan video NHK dari biro Sendai memperlihatkan sebuah plakat yang menggantung di langit-langit bergoyang selama sekitar 30 detik akibat gempa.

Gempa dapat dirasakan hingga ke Tokyo, yang berjarak 400 km bagian selatan dari pusat gempa.

NHK memperingatkan masyarakat agar menjauhi pantai.

Sumber: Reuters

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE