Piala Afrika - Sylla antar Guinea menang 1-0 atas Malawi

id Piala Afrika 2021, Timnas Guinea,Timnas Malawi

Piala Afrika - Sylla antar Guinea menang 1-0 atas Malawi

Bek kiri Guinea Issiaga Sylla (kiri) berduel dengan gelandang Malawi Micium Mhone dalam pertandingan Grup B Piala Afrika di Stade de Kouekong,  Bafoussam, Kamerun, 10 Januari 2022. (AFP/PIUS UTOMI EKPEI)

Jakarta (ANTARA) - Bek kiri Guinea Issiaga Sylla mencetak gol pada babak pertama untuk membawa timnya menang 1-0 atas Malawi dalam pertandingan Grup B Piala Afrika di Stadion Kouekong di Bafoussam, Senin.

Malawi yang tampil ketiga kalinya dalam putaran final Piala Afrika dan pertama sejak 2010 terpangkas skuadnya karena 13 pemainnya tak bisa diturunkan akibat COVID-19 sehingga terpaksa hanya bisa memasang empat pemain cadangan termasuk dua penjaga gawang.

Mereka menyianyiakan sejumlah peluang emas yang akhirnya dipaksa menyesali kemandulannya pada menit ke-35 menit ketika pemain depan Guinea Jose Kante menerebos pertahanan mereka sebelum memberikan umpan sempurna kepada Sylla guna mencetak gol dari jarak dekat.

Guinea pun mendampingi Senegal di puncak klasemen grup setelah yang terakhir ini mengalahkan Zimbabwe 1-0 dalam pertandingan pembuka kedua tim berkat penalti Sadio Mane pada menit ke-97.

Kedua tim yang memuncaki klasemen ini akan bertemu dalam pertandingan kedua fase grup mereka di tempat yang sama Jumat nanti.

Malawi lebih banyak menciptakan peluang tetapi tidak tenang dalam menuntaskannya selain juga karena tangguhnya kiper Guinea Aly Keita.

Yang paling menyianyiakan peluang di antara mereka adalah striker Yamikani Chester yang dua kali tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Keita.

Peluang terbaiknya terjadi pada menit ke-16 menit ketika umpan buruk Mohamed Ali Camara di daerah pertahanan sendiri dicegat oleh Chester yang berlari menuju gawang yang kurang terjaga.

Tetapi dia panik dan terlalu cepat mengeksekusi bola serta lemah sehingga penjaga gawang bisa dengan mudah menangkalnya.

Pemain Malawi Peter Banda juga gagal mencipatkan gol ketika tembakan melengkungnya sepertinya bakal masuk ke pojok atas tapi Keita menyapunya dengan luar biasa.

Guinea juga menciptakan peluang lain dan peluang gol pertama mereka terjadi pada pertengahan babak pertama ketika sundulan Ibrahima Sory Conte dari sepak pojok membentur tiang gawang.

Namun pertaruhan Sylla untuk masuk kotak penalti ketika Kante berusaha menyapu bola menjadi momen penentu saat dia mendapat kesempatan bersih melepaskan tembakan jarak dekat yang melewati hadangan kiper Ernest Kakhobwe untuk menjaringkan gol ketiganya untuk timnas Guinea, demikian laporan Reuters.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE