Cara atasi anak kecanduan "gadget"

id Kecanduan gadget,Tips parenting

Cara atasi anak kecanduan "gadget"

Anak dengan gadget (Shutterstock) (Shutterstock/)

Jakarta (ANTARA) - Psikolog Prof. Dr. H. Seto Mulyadi, S. Psi., M.Si atau yang akrab disapa Kak Seto menyebutkan menjabarkan cara-cara untuk mengatasi anak yang sudah kecanduan gadjet atau gawai.

Agar anak terhindar dari kecanduan gadget, Kak Seto menyarankan agar orang tua dapat mendekatkan diri menjadi sahabat anak. Dengan demikian, anak pun akan merasa nyaman untuk berkomunikasi dengan orang tuanya.

Sebaliknya, jika orang tua hanya melarang anak untuk bermain gadget namun tetap sibuk dengan kegiatannya masing-masing, hal tersebut akan membuat anak merasa frustasi atau bahkan menyebabkan melakukan hal yang negatif.

"Sering di dalam keluarga, orangtua tidak menjadi sahabat anak. Jadi hanya main perintah, instruksi, komando, tapi tidak mendengar suara anak. Jadi marilah mulai diubah gaya mendidik orang tua. Mulai banyak berdialog dengan anak, bermain bersama, dan sebagainya," kata Kak Seto.

"Jangan cuma 'Nggak boleh main gadget!' lalu gadget dirampas atau bahkan ada juga yang sampai dibanting. Itu anak akan sakit hati sekali dan frustasi sekali. Malah salah-salah bisa melakukan tindakan yang nekat mungkin. Jadi tetap dengan cara ramah anak dan memposisikan ayah bunda itu adalah sahabat anak," tutupnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penyebab dan cara atasi anak kecanduan "gadget"

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE