Kirab bendera 2,5 km di Muaro Bungo Jambi pecahkan rekor MURI

id Kirab bendera merah putih di Bungo masuk rekor muri, rekor muri, Pemkab bungo masuk rekor muri, kirab bendera merah puti

Kirab bendera 2,5 km di Muaro Bungo Jambi pecahkan rekor MURI

Bendera Merah Putih sepanjang 2.500 meter dibentangkan dan dibawa oleh 7.500 orang di Bungo, Minggu (14/8/2022) ANTARA/HO

Muaro Bungo, Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muaro Bungo, Jambi berhasil memecahkan rekor dunia yang dicatat Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui kirab Bendera Merah Putih sepanjang 2.500 meter dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Bupati Bungo H. Mashuri di Bungo, Minggu mengatakan kirab Bendera Merah Putih ini melibatkan 7.500 orang untuk membentang bendera sepanjang perlintasan kirab tersebut.



"Dengan kain merah putih sepanjang 2.500 meter serta dibawa oleh sekitar 7.500 orang, kegiatan ini memecahkan rekor MURI," ungkap Mashuri.

Kirab Bendera Merah Putih ini dimulai dari depan rumah dinas Bupati Bungo dan diakhiri dilokasi yang sama.



Kirab Bendera Merah Putih ini juga disaksikan ribuan masyarakat Kabupaten Bungo di jalan protokol yang menjadi perlintasan Bendera Merah Putih tersebut.

"Masyarakat Bungo sangat antusias menyemarakkan kirab bendera ini, semua bersemangat untuk memperingati HUT Republik Indonesia," katanya.



Peserta pembawa bendera sepanjang jalan yang mengitari Pasar Muara Bungo dengan rute panjang sekitar 5,5 km membawa bendera panjang tersebut sambil menyanyikan berbagai lagu kebangsaan Indonesia.

Mashuri juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikuti serta dalam menyukseskan kegiatan kirab Bendera Merah Putih sepanjang 2.500 meter ini hingga bisa terlaksana tepat jelang peringatan HUT Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Kami menyampaikan ucapan terimakasih bukan hanya kepada jajaran lingkup Pemda Bungo, namun kepada semua pihak terkait yang dengan semangatnya untuk memeriahkan HUT RI, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar," papar Mashuri.

.        Kepulauan Riau

Sementara itu, di Provinsi Kepulauan Riau, anggota Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau membagikan ribuan unit bendera Merah Putih kepada warga yang tinggal di pulau-pulau pesisir.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono di Bintan, Ahad mengatakan, anggota kepolisian di seluruh kecamatan bergerak sampai ke pulau-pulau untuk memastikan seluruh rumah terpasang bendera Merah Putih.

Rata-rata warga pesisir sudah memiliki bendera, namun sebagian dalam kondisi usang. Karena itu, anggota kepolisian menggantikan bendera tersebut.

Namun ada warga di pulau-pulau yang belum memiliki bendera merah putih. Mereka senang mendapatkan bantuan tersebut karena tidak perlu menggunakan perahu ke pasar untuk membeli bendera tersebut.

"Sejak awal Agustus 2022 rata-rata warga pesisir di Bintan sudah mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumahnya. Warga senang mendapatkan bendera baru," ucapnya.

Gerakan bagi-bagi bendera untuk warga tersebut, menurut dia sejalan dengan gerakan bagi-bagi 10 juta unit bendera yang dilakukan pemerintah pusat.

Selain warga pesisir, anggota kepolisian juga menyambangi nelayan yang sedang melaut, dan membagikan bendera Merah Putih. Bendera itu dipasang di atas kapalnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kirab bendera sepanjang 2.500 meter di Bungo pecahkan rekor MURI

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE