Batam Dilengkapi Pusat Informasi Pasar Modal

id bursa, efek, pusat, informasi, pasar, modal, batam, kepulauan, riau, friderica, henry, wismanto, phillip, securities

Batam Dilengkapi Pusat Informasi Pasar Modal

Batam (ANTARA News) - Kota Batam di Kepulauan Riau, kini dilengkapi dengan Pusat Informasi Pasar Modal yang merupakan satu-satunya perwakilan PT Bursa Efek Indonesia di daerah tingkat dua se-Indonesia.

"Kota Batam dipilih karena banyak pengusaha yang terbiasa dengan risiko bisnis. Pusat informasi ini sarana bagi pengusaha untuk memitigasi risiko," kata Direktur Pengembangan PT BEI, Friderica Widyasari Dewi, pada peresmian oleh Asisten Ekbang Pemprov Kepri Nuraeda Mokhsen, di Batam, Rabu 29 September 2010 malam.

Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Batam terletak di kompleks Rumah Toko Mahkota Raya, Batam Kota, difasilitasi perpustakaan, informasi saham, ruang edukasi calon investor dan penyampaian keluhan nasabah.

PIMP Batam dapat menjadi tempat konsultasi bagi perusahaan yang ingin "go public", kata Wakil Ketua Batam Investor Club, Henry Wismanto.

Perusahaan swasta yang berbasis di Batam yang telah "go public" di BEI adalah PT Citra Tubindo dan PT Satnusa Persada.

Di Batam yang bertetangga dengan Singapura terdapat delapan perusahaan sekuritas yaitu Phillip Securities Indonesia, Trust Securities, BNI Sekuritas, Bhakti Investama Sekuritas, Mega Capital Indonesia, Valbury, Sinarmas Sekuritas, dan Panin Securities.

Friderica mengemukakan kepemilikan saham di BEI dewasa ini masih didominasi asing atau 66,5 persen.

Nuraeda berharap, kelak investor dari Batam dan umumnya Kepri meningkatkan partisipasi perusahaan domestik dalam penguasaan saham di BEI.  (Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE