Indonesia Negara Penting Bagi Timor Leste

id ramos, horta, timor, leste, indonesia, singapura, nada, soraya, faza, kadin

Batam (ANTARA News) - Indonesia menjadi negara yang penting dalam pembangunan nasional  Timor Leste antara lain dalam hubungan perdagangan, kat Presiden Jose Ramos Horta.

Saat menjadi pembicara di "The Annual Asian Summit for Sustainable Innovation" di Singapura, Jumat 8 Oktober 2010,  Presiden Timor Leste Ramos Horta mengatakan, "Sebanyak 70 persen perdagangan Timor Leste dilakukan dengan Indonesia".

Selain di bidang perdagangan, Indonesia juga membantu mengembangkan sumber daya manusia Timor Leste, karena sebagian besar pemuda negara muda itu mengenyam pendidikan di Indonesia.

Indonesia juga menjadi percontohan bagi Timor Leste yang kini juga membentuk semacam Komisi Pemberantasan Korupsi untuk memberantas tindak korupsi.

Saat ini, kata dia, Timor Leste sudah merancang pembangunan untuk 25 tahun ke depan. Meski jangka panjang, namun, ia mengatakan keberhasilannya bisa ditargetkan setiap tahun.

Timor Leste memiliki visi untuk memenuhi kebutuhan listik dan air bagi setiap warganya pada 2013.

Mengenai perkembangan politik, ia mengatakan pemerintah terus berupaya untuk menempatkan perempuan di parlemen dan pemerintahan.

Di parlemen, ia mengatakan 30 persen legislator adalah perempuan. Sedang di Pemerintahan, beberapa Menteri dengan posisi strategis ditempati perempuan.

Pemerintah juga membentuk parlemen muda yang diisi para remaja.

Parlemen muda bertugas merumuskan beberapa kebijakan yang dapat direkomendasikan kepada parlemen.

Selain dihadiri Ramos-Horta, The Annual Asian Summit for Sustainable Innovation Qi Global 2010 dihadiri 28 orang yang dianggap memiliki pengaruh di Asia.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Kota Batam Nada Faza Soraya juga dipercaya menjadi pembicara dalam  pertemuan yang dihadiri ratusan peserta dari seluruh dunia.

Nada merupakan satu-satunya pembicara dari Indonesia yang dianggap memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan maritim di negerinya. (Y011//M027Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE