Wow! Kets "The Last Dance" Michael Jordan terjual Rp32,7 miliar

id Michael Jordan,Air Jordan,sepatu kets Jordan

Wow! Kets "The Last Dance" Michael Jordan terjual Rp32,7 miliar

Sepatu Air Jordan 13 milik bintang NBA Michael Jordan yang dia kenakan selama Game 2 Final NBA 1998 menuju gelar kejuaraan NBA keenam dan terakhirnya. (twitter.com/Sothebys)

Jakarta (ANTARA) - Sepasang sepatu kets yang pernah dipakai superstar NBA Michael Jordan terjual seharga 2,2 juta dolar AS atau sekira Rp32,7 miliar. Ini menjadi rekor harga tertinggi di perusahaan lelang Sotheby's untuk sepatu olahraga yang digunakan saat pertandingan.

"Ini membuktikan jika permintaan memorabilia olahraga Michael Jordan terus mengungguli dan melampaui semua catatan," kata kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby's Brahm Wachter, seperti disiarkan AFP, Rabu (12/4/2023).

Pebasket hebat itu mengenakan "Bred" Air Jordan 13 selama Game 2 Final NBA 1998 menuju gelar kejuaraan NBA keenam dan terakhirnya.

Penjualan secara online tersebut memperkuat posisi Jordan sebagai atlet dengan nilai tertinggi di lelang memorabilia pakaian olahraga.

Catatan tersebut memecahkan rekornya sendiri sebesar 1,5 juta dolar AS untuk sepatu kets pada September 2021.

Jordan mengenakan sepatu kets itu untuk paruh kedua kemenangan 93-88 Chicago Bulls atas Utah Jazz pada 5 Juni 1998.

Jordan mencetak 37 poin tertinggi dalam pertandingan saat tim Bulls-nya mencatatkan seri 1-1.

Final ditampilkan dalam film dokumenter ESPN/Netflix 2020 yang terkenal dengan judul "The Last Dance", tentang musim terakhir Jordan bersama tim Chicago.

Wachter mengatakan nostalgia untuk era yang berbeda mendorong popularitas memorabilia Jordan.

"Kami memiliki klien di berbagai bidang, mulai dari real estat, keuangan, hingga ekuitas swasta. Ada banyak orang yang tertarik dengan pasar yang sedang berkembang ini," kata Wachter kepada AFP.

Sotheby's mengatakan Jordan telah menandatangani sepatu itu dan memberikannya kepada seorang pemungut bola setelah pertandingan.

Sotheby's tidak menjelaskan dari mana mendapatkan barang tersebut tetapi mengatakan bahwa sepatu itu didapat bukan dari penerima aslinya. Rumah lelang tersebut juga tidak menyebutkan nama pembeli sepatu berukuran 13 itu.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sepatu kets "The Last Dance" Michael Jordan terjual Rp32,7 miliar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE