RSUD Kota Batam Buka Saat Lebaran

id rumah, sakit, batam, buka, lebaran, fadilla

Batam (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, tetap buka selama libur Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah termasuk melayani pasien gawat darurat dan persalinan.

"Kami tetap memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat selama libur lebaran," ujar Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Batam Fadilla Mallangan di Batam, Rabu.

Menurut Fadilla, selam libur Lebaran pada 29 Agustus hingga 2 September, libur bagi pegawai akan diatur sehingga pelayanan bisa terus berjalan.

"Untuk poli umum akan tetap buka seperti biasa dan akan dipusatkan di Gedung Unit Gawat Darurat (UGD). Sementara untuk poli spesialis akan selalu ada dokter yang siap menangani pasien bila ada keluhan," kata dia.

Menurutnya, selama masa lebaran berlangsung, ada kecenderungan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat sifatnya ringan dan umum, sehingga keberadaan Poli Umum memang harus disiagakan.

"Biasanya keluhan yang banyak terjadi saat Lebaran hanya penyakit ringan dan umum, yang diakibatkan pola makan yang berubah dan berlebihan," ucap dia.

Fadilla mengatakan, RSUD akan buka seperti biasa mulai pada tiga September atau dua hari setelah lebaran.

"Pada 3 September kita kerja seperti biasa, tidak ada lagi pengaturan masa libur," kata dia.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Batam Salim mengatakan jadwal libur tersebut mengacu pada surat edaran Wali Kota Batam Nomor 745/BKD-PP/VII/2011 Tentang Perubahan Jam Kerja Pegawai Selama Ramadan 1432 Hijriah.

"Edaran ini mengacu pada Surat Gubernur Kepulauan Riau dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Khusus untuk unit kerja yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat tetap melaksanakan tugasnya di hari libur tersebut," kata dia.

Unit kerja yang dimaksud antara lain rumah sakit, puskesmas, Dinas Perhubungan, petugas Perdaduk di bandara dan pelabuhan, Satpol PP dan petugas kebersihan.

"Pimpinan SKPD yang mengatur jadwal penugasan secara internal supaya masyarakat tetap terlayani dengan baik," kata Salimi.

(ANT-L/M027/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE