Gempa 5 magnitugo guncang Yogyakarta

id Gempa bumi,kulonprogo,gunung kidul, yogyakarta,BMKG,Musibah

Gempa 5 magnitugo guncang Yogyakarta

Peta lokasi pusat gempa bumi yang mengguncang Gunung Kidul, D.I Yogyakarta, Kamis (28/3/2024) sore pukul 15:01 WIB. (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - BMKG melaporkan gempa dengan magnitudo 5,0 terjadi di Gunung Kidul, DI Yogyakarta pada Kamis sore.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Kamis, menginformasikan pusat gempa berada di laut dengan jarak 153 kilometer barat daya Gunung Kidul, D.I Yogyakarta

Menurut dia, gempa tektonik tersebut adalah gempa dangkal yang disebabkan oleh adanya aktivitas subduksi lempeng. Berdasarkan analisa mekanis menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thurst fault.

BMKG mengidentifikasi getaran gempa juga dirasakan pada skala intensitas II-III (MMI) selama beberapa saat oleh masyarakat di wilayah Kulonprogo, Bantul, Pacitan, Trenggalek, dan Wonogiri.

Kendati demikian, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan hingga 15:27 WIB belum menemukan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Untuk itu, Daryono mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa 5 magnitugo mengguncang Gunung Kidul Yogyakarta

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE