ASDP Batam uji kelaikan armada selama momen lebaran

id Kepri ,batam ,ASDP ,mudik

ASDP Batam uji kelaikan armada selama momen lebaran

Suasana Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam, Kepri (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau rutin melakukan uji kelaikan armada kapal setiap hendak berlayar selama momen lebaran, guna menjamin keselamatan perjalanan penyeberangan.

General Manager ASDP Telaga Punggur Kota Batam Nana Sutisna di Batam, Jumat mengatakan pihaknya juga memastikan ketersediaan peralatan keselamatan seperti pelampung dan sekoci sesuai ketentuan yang berlaku dan memastikan nakhoda maupun anak buah kapal (ABK) dalam kondisi siap dan sehat.

"Kami ingin memastikan perjalan para pemudik nyaman dan selamat sampai tujuan," kata Nana.

Ia menjelaskan sebelumnya Kapal Motor (KM) Sembilang dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam menuju Kuala Tungkal Jambi sempat tertunda karena kerusakan kemudi pada Kamis malam.

Kata Nana, KM Sembilang dijadwalkan berangkat pada pukul 16.30 WIB, namun tertunda keberangkatan yang hingga 5 jam tersebut guna memastikan pelayaran menuju kota tujuan aman dan nyaman bagi ratusan penumpang dan puluhan kendaraan.

"Ada satu troble dalam teknis, namun karena ini jarak pelayaran panjang, jarak jauh, saya khawatir takut terjadi apa-apa di jalan karena saya mengutamakan keselamatan penumpang dan keselamatan kapal," ujar dia.

Ia menyampaikan atas kejadian tersebut, seluruh penumpang KM Sembilang mendapatkan kompensasi berupa makan dan minum.

Sementara itu, ASDP Batam menyediakan area parkir sementara (buffer zone) selama arus mudik lebaran 2024, guna antisipasi penumpukan kendaraan di pelabuhan.

Nana mengatakan buffer zone tersebut diprioritaskan untuk kendaraan yang hendak menyebrang menggunakan kapal Roro rute Telaga Punggur - Tanjung Uban.

Sementara untuk kendaraan rute Telaga Punggur - Kuala Tungkal dan Telaga Punggur - Sei Selari diprioritaskan untuk parkir di dalam area pelabuhan.

"Untuk kendaraan ke dua rute tersebut boleh masuk ke area pelabuhan 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal," kata Nana.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE