Pengamat: Sepak bola Indonesia berkembang dahsyat

id sepak bola indonesia,perkembangan sepak bola indonesia,pengamat sepak bola indonesia,prestasi timnas indonesia,u-23,garuda muda,garuda muda indonesia,

Pengamat: Sepak bola Indonesia berkembang dahsyat

Mantan pelatih tim nasional futsal Indonesia sekaligus pengamat sepak bola Justinus Lhaksana. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat sepak bola Indonesia Justinus Lhaksana mengatakan olahraga sepak bola berkembang sangat pesat di Indonesia setelah prestasi yang diukir tim nasional Indonesia pada kategori senior maupun U-23.

"Sepak bola benar-benar (berkembang) dahsyat sekali di Indonesia ini. Sebuah fenomena yang bahkan belum pernah saya lihat di negara lain," ujar pelatih yang akrab disapa Coach Justin itu seperti dikutip dari laman instagram pribadi: @coachjustinl di Jakarta, Kamis.

Mantan pelatih timnas futsal Indonesia itu mengatakan baru pertama kali melihat prestasi sepak bola Indonesia yang berkembang pesat baik timnas senior maupun U-23.

Indonesia berhasil menjadi negara dengan kenaikan peringkat tertinggi berdasarkan ranking FIFA yang dirilis pada 4 April, yaitu dari peringkat ke-142 melesat ke posisi ke-134 dunia.

Kenaikan peringkat itu tidak terlepas dari kemenangan timnas Indonesia atas Vietnam pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar pada Maret, yang membuat Garuda mengoleksi 30,04 poin sehingga menjadi 1102,7 poin.

Selain itu, timnas Indonesia U-23 juga mencetak sejarah baru dengan lolos ke Piala Asia U-23 2024. Tidak hanya lolos, Garuda Muda bahkan menembus hingga babak semifinal setelah menumbangkan raksasa Asia seperti Korea Selatan maupun Australia.

Meskipun kalah dari Uzbekistan pada semifinal, Garuda Muda masih berpeluang menambah catatan prestasi lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui laga penentu melawan Irak untuk merebut posisi ketiga.

Baca juga:
Manchester United tidak mau Rashford ditarik klub lain

Para pesohor kecam keputusan wasit saat Indonesia lawan Uzbekistan



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat sebut sepak bola Indonesia berkembang dahsyat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE