BMKG: Waspada potensi hujan petir di wilayah Kepri hari ini

id Cuaca kepri, prakiraan cuaca kepri, cuaca kepri selasa, bmkg

BMKG: Waspada potensi hujan petir di wilayah Kepri hari ini

Peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan agar mewaspadai adanya potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) Selasa pagi.
 
"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi dan dini hari di wilayah Kepulauan Riau," kata Prakirawan Noah Ginting.
 
Dia mengatakan labilitas udara skala lokal dan nilai kelembapan udara di lapisan atas yang cukup tinggi mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah Kepulauan Riau. 
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca di Kota Batam, Tanjungpinang, Bintang, Karimun hingga Lingga umumnya pagi dan siang diprediksi hujan ringan, malam harinya berawan tebal, dan dini hari hujan ringan.
 
Sementara itu, untuk suhu udara Kota Batam berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 3-10 Km/jam.
 
Suhu udara Tanjungpinang berkisar antara 25-31 derajat celcius. Arah angin yang mempengaruhi dari arah Barat Daya dengan kecepatan 4-10 km/jam.
 
Di Kabupaten Bintan suhu udara diperkirakan 25-31 derajat celcius, dengan arah angin dari Selatan kecepatan 4-13 Km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Karimun suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, arah angin dari Selatan dengan kecepatan 4-9 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 7-14 Km/jam.
 
Kabupaten Natuna paginya berawan tebal, siang harinya hujan riangan, malam berawan tebal, dan dini harinya hujan ringan. Suhu udara yang mempengaruhi 24-32 derajat celcius, angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 3-8 Km/jam.
 
Terakhir di Kabupaten Anambas pagi, siang hingga malamnya diprediksi berawan tebal, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, arah angin Selatan dengan kecepatan 9-18 Km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang di Kota Batam dan Tanjungpinang kategori tenang (0,1-0,5 meter), sedangkan Bintan, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas kategori rendah, yakni berkisar antara 0,5-1,25 meter.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE