BMKG: Waspada gelombang tinggi dan hujan lebat di Natuna dan Anambas

id prakiraan cuaca kepri, cuaca kepri sabtu, prakiraan cuaca sabtu, gelombang tinggi, hujan lebat,natuna, anambas

BMKG: Waspada gelombang tinggi dan hujan lebat di Natuna dan Anambas

Kapal asing penyedot pasir laut di perairan Kota Batam, Kepulauan Riau, diamankan PSDKP KKP, Kamis (10/10/2024). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengingatkan masyarakat di wilayah Natuna dan Anambas untuk mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi dan juga hujan lebat pada hari Sabtu.

“Waspada potensi ketinggian gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di wilayah Laut Utara Natuna dan 1,5 meter di wilayah perairan Kepulauan Anambas,” kata BMKG melalui siaran resmi yang dikonfirmasi oleh prakirawan Addini.

Sementara itu, kondisi cuaca wilayah Kepulauan Riau hari Sabtu ini, dipengaruhi kelembapan udara lapisan atas yang cenderung kering serta labilitas lokal yang rendah kurang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

Secara umum, kata dia, kondisi cuaca wilayah Kepri diprakirakan cerah berawan hingga berawan namun masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir/kilat di beberapa wilayah Kepri pada pagi dan siang hari.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hingga sore di wilayah Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas,” katanya.

Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.

Cuaca Kota Batam pagi harinya diprakirakan berawan, hujan ringan siang hari dan berawan tebal pada malam serta dini hari. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius dan angin datang dari arah Selatan dengan kecepatan 3-16 km/jam.

Kemudian di Kota Tanjungpinang pagi dan siang harinya diprakirakan hujan ringan, malam dan dini harinya berawan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-32 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 4-16 km/jam.

Selanjutnya Kabupaten Bintan paginya diprakirakan berawan, siangnya hujan ringan, malam hingga dini hari berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 24-32 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Selatan berkecepatan 2-15 km/jam.

Lalu di Kabupaten Karimun diprakirakan paginya hujan ringan, siang berawan tebal, malam berawan dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 26-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 5-16 km/jam.

Cuaca Kabupaten Lingga paginya hujan ringan, siang hingga malam cerah berawan, dan dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 24-32 derajat celcius. Angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 3-12 km/jam.

Berikutnya, Kabupaten Natuna paginya hujan disertai kilat,  siang hujan dengan intensitas sedang, malam dan dini harinya berawan tebal. Suhu udara diperkirakan 23-31 derajat celcius, dan angin dari arah Barat Daya dengan kecepatan 19-26 km/jam.

Terakhir di Kabupaten Anambas paginya diprakirakan hujan disertai kilat, siangnya hujan dengan intensitas sedang, malam dan dini hari berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 25-33 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 13-22 km/jam.

Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Batam, Tanjungpinang/Bintan, Karimun dan Lingga kategori rendah (0,5-1,25 meter), sedangkan Natuna dan Anambas kategori sedang (1,25-2,50 meter).

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE