Singapura Digoyang Gempa Aceh

id Singapura, Digoyang, Gempa, Aceh,tsunami,getaran

Batam (ANTARA Kepri) - Gempa berkekuatan 8,7 pada skala Richter di Aceh menggoyang Singapura, Rabu petang.

ChannelnewsAsia menerima beberapa laporan dari warga Singapura yang turut merasakan gempa Sumatra.

Beberapa penelpon menyebutkan merasakan gempa di Marine Parade, Beach Road, Bukit Panjang, Bendemeer Road, Farrer Road and Whampoa Road.

Sementara itu, Kepala BMKG Sri Woro B Harijono di Jakarta, Rabu menyebutkan, magnitude gempa 8,9 SR pada pukul 15.38.29 WIB yang berpusat di 2.3 Lintang Utara, 92.6 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km di Simeulue, Aceh.

Gempa juga dirasakan terasa hingga pantai barat Malaysia.

ChannelnewsAsia mengabarkan, di India, alat peringatan tsunami mengagetkan warga hingga turun ke jalan.

Pemerintah Thailand meminta warga Pantai Andaman untuk menjauhi daerah pantai. Sedangkan di Sri Lanka, alat peringatan tsunami dibunyikan sepanjang pulau. Pemerintahnya juga meminta warga segera meninggalkan pantai.

Dari Indonesia dilaporkan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan saat ini sejumlah analis di lembaga itu tengah menganalisa dampak gempa 8,5 SR dan peringatan tsunami masih terus berlaku.

"Sejauh ini analisis gempa masih terus dilakukan sehingga peringatan tsunami akibat gempa Aceh kemungkinan masih terus berlaku hingga satu jam ke depan. Terlebih telah terjadi gempa susulan berkekuatan 6,4 SR sesaat ini, sekitar pukul 16.28.02 WIB juga di Aceh," demikian analis BMKG Pekanbaru Slamet Riyadi.

(Y011/A013)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE