PLN Karimun Harapkan PLTU Tanjungsebatak Beroperasi Juni

id PLN, Karimun,PLTU, Tanjung,sebatak

Karimun (Antara Kepri) - PT PLN Persero Ranting Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, mengharapkan dua unit mesin PLTU Tanjungsebatak di Kecamatan Tebing dapat diroperasikan mulai pertengahan Juni 2013.

"Informasi dari pengelola, mesin PLTU Tanjungsebatak ditargetkan beroperasi pertengahan Juni. Kami tentu berharap target tersebut tercapai sehingga bisa meningkatkan pelayanan ke pelanggan," kata Kepala PT PLN Ranting Tanjung Balai Karimun Khalid yang dihubungi di Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Khalid mengatakan, satu dari dua unit mesin PLTU dengan kapasitas daya 7 Megawatt (MW) telah dua kali menjalani masa uji coba dengan hasil cukup memuaskan.

"Uji coba tahap kedua baru selesai kita lakukan dan akan dilanjutkan dengan "test performance" atau uji coba tahap ketiga pada pekan kedua bulan ini. Proses uji coba dilakukan selama sepekan," katanya.

Sedangkan satu mesin lainnya, lanjut dia, baru akan memasuki uji coba tahap awal yang direncanakan pada 5 Maret.

"Uji coba tahap awal meliputi tes turbin dan uap. Kalau lancar akan dilanjutkan pada uji coba tahap kedua hingga pelaksanaan 'test performance'," ucapnya.

Menurut dia, dua unit mesin PLTU hasil kerja sama dengan PT Ekadaya itu diharapkan dapat menopang pasokan daya yang selama ini bergantung pada mesin PLTD di Bukit Carok, Tebing.

"Daya yang dihasilkan dari PLTD Bukit Carok pas-pasan. Kalau satu mesin rusak atau memasuki masa perawatan maka terpaksa dilakukan pemadaman. Jika mesin PLTU Tanjungsebatak beroperasi, kami harapkan tidak akan ada lagi pemadaman," ucapnya.

Dia juga berharap pengoperasian mesin PLTU Tanjungsebatak dapat melayani pelanggan yang masuk dalam daftar tunggu yang mencapai 200 sambungan.

"Kami juga memiliki program untuk mengalirkan daya dari PLTD Bukit Carok ke Pulau Buru dengan memasang kabel bawah laut. Hal ini bisa dilakukan kalau mesin PLTU Tanjungsebatak mampu mendukung kebutuhan daya untuk wilayah Pulau Karimun Besar," katanya. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE