BP Batam Gelar Latihan Pengamanan Naskah Rahasia

id BP, Batam, Gelar, Latihan, Pengamanan, Naskah, Rahasia

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar pelatihan selama dua hari mengenai Keamanan Informasi dan Tata Naskah Dinas Rahasia Keamanan Informasi guna menjaga rahasia informasi internal lembaga tersebut.

"Penjagaan keamanan tata naskah dinas rahasia ini sangat penting, mengingat Pulau Batam berbatasan langsung dengan negara lain. Sehingga untuk menghindari penyadapan atau sejenisnya, perlu adanya pengamanan khusus mengenai tata naskah dinas rahasia," kata Kepala Biro Sekretariat dan Protokol, Endah Setiyaningroem di Batam, Senin.

Dalam penyelenggaraan pelatihan tahun ketiga tersebut, kata dia, BP Batam bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dengan menghadirkan instruktur Kasubdit Pembinaan SDM Lembaga Sandi Negara, Nunil Pantjawati dan Rektor Sekolah Tinggi Lembaga Sandi Negara, Pinuji Prasetyaningtyas.

Pada hari pertama (14/4), kata dia materi yang disampaikan mengenai Persandian dan Membangun Kesadaran Kemanan Informasi yang terdiri dari beberapa sub materi meliputi mengapa diperlukan keamanan informasi, hakekat ancaman dalam perkembangan TIK dan langkah-langkah pengamanan informasi.

Selanjutnya pengelolaan informasi/dokumen berklasifikasi, studi kasus kebocoran-kobocoran informasi, dan peran cryptography (persandian) dalam mengamankan informasi dan teknologi informasi serta komunikasi yang disampaikan Nunil Pantjawati
  
Untuk materi di hari kedua  yang akan dilaksanakan Selasa (15/4), mengambil tema Kemananan Informasi dalam Mengantisipasi Economic/Corporate Espionage dengan beberapa sub materi.

"Untuk materi hari kedua merupakan materi baru yang diangkat oleh BP Batam. Hal ini dikarenakan Batam merupakan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, dan BP Batam sebagai pengelola Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, sehingga sangat diperlukan untuk memahami materi ini lebih mendalam," kata Endah.

Dengan pelatihan tersebut, BP Batam berharap pegawainya dapat lebih memahami pentingnya menjaga keamanan tata naskah rahasia agar tidak merugikan BP Batam.

"Diharapkan ke depannya dengan adanya pelatihan ini, seluruh pegawai BP Batam dapat mengaplikasikan tata naskah dinas rahasia di unit kerjanya masing-masing," kata dia.

Selain itu, kata dia, pelatihan tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan lembaga, atau perusahaan yang ingin menyimpan datanya di pusat data BP Batam.(Antara)

Editor: Dedi
Editor: Jo Seng Bie
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar