Pemko Tanjungpinang Berhasrat Raih Pemkot Terbaik e-SAKIP

id Pemko Tanjungpinang Berhasrat Raih Pemkot Terbaik e-SAKIP

Dari Sumatera belum ada pemkot yang meraih nilai A se Indonesia, untuk itu Tanjungpinang berpeluang besar meraihnya
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul mengaku optimistis menargetkan daerahnya menjadi pemkot terbaik pertama se Sumatera dalam hal implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah secara elektronik (e-SAKIP).

"Saat ini nilai Tanjungpinang sendiri sudah BB, jadi tinggal selangkah lagi untuk mendapat nilai A se Sumatera dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB)," ujar Syahrul.

Hal ini mengingat, dari Sumatera belum ada pemkot yang meraih nilai A se Indonesia, untuk itu Tanjungpinang berpeluang besar meraihnya.

Target yang direncanakan Syahrul tersebut diyakini akan tercapai dalam kurun waktu dua bulan kedepan. Dengan catatan mendapat dukungan komitmen dari seluruh SKPD di Pemkot Tanjungpinang yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Kami juga sudah berkomitmen untuk mengimplementasikan e-SAKIP  sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Karena, melalui e-SAKIP akan tergambar dan terukur sejauh mana kinerja jajaran SKPD mulai dari eselon II hingga IV dalam menjalankan visi-misi kepala dan wakil kepala daerah.

"Hal itu kami pelajari dari beberapa daerah di Jawa yang sudah mendapat nilai B, seperti Kabupaten Sleman dan Kota Bandung. Insyaallah Tanjungpinang juga bisa melebihinya", tutur Syahrul.

Melalui inspektorat, Pemkot Tanjungpinang juga sudah membuat  format khusus untuk dilaksanakan oleh masing-masing SKPD. Dengan harapan 30 SKPD yang ada di Pemkot Tanjungpinang dapat mematuhi arahan yang telah dibuat.

"Untuk mengevaluasinya, saya dan Sekda akan meninjau setiap minggu ke masing-masing SKPD. Untuk itu saya yakin dalam kurun waktu 2 bulan, Tanjungpinang sudah memperoleh nilai A sesuai harapan kita", ujar Syahrul.

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE