Gubernur Kepri Dukung Cabup Dilantik di Jakarta

id Gubernur,Kepri,wali,kota,Dukung,Cabup,calon,bupati,Dilantik,Jakarta

Lebih efisien, hemat anggaran dan cepat, kalo pelantikan dilaksanakan serentak bersamaan
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Penjabat Gubernur Kepulauan Riau Nuryanto mendukung rencana pelantikan pasangan calon calon bupati dan wali kota terpilih secara serentak di Jakarta.

"Lebih efisien, hemat anggaran dan cepat, kalo pelantikan dilaksanakan serentak bersamaan," ujar Nuryanto seusai menghadapi rapat istimewa pengumuman HM Sani-Nurdin Basirun sebagai paslon gubernur dan wagub Kepri terpilih periode 2016-2021 di Kantor DPRD Kepri, Senin.

Dia juga setuju calon bupati dan wali kota terpilih dilantik secara sekaligus oleh Presiden Joko Widodo.

Terkait UU Nomor 8/2015 dan Peraturan Presiden Nomor 167/2014 yang menegaskan pelantikan calon bupati dan wali kota terpilih hasil pilkada serentak 2015 dilaksanakan ibu kota provinsi, dia mengatakan peraturan itu dapat direvisi setelah disepakati.

Dalam ketentuan itu juga menegaskan calon bupati dan wali kota beserta pasangannya dilantik oleh gubernur.

"Kalau sudah disepakati, revisi tidak menelan waktu yang lama," katanya.

Menurut dia, pejabat yang berhak hadir dalam acara pelantikan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yakni masing-masing calon yang akan dilantik, pimpinan DPRD dan Sekda. Kepala satuan kerja perangkat daerah maupun jajarannya tidak dapat menggunakan uang perjalanan dinas untuk mengikuti acara pelantikan tersebut.

"Kalau pejabat SKPD itu tidak boleh masuk Istana Negara untuk mengikuti acara tersebut," ucapnya.

Sampai saat ini, Nuryanto belum mendapat informasi kapan dilaksanakan pelantikan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih, termasuk jadwal pelantikan calon bupati dan wali kota terpilih. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE