BP Batam hibahkan 699 ruas jalan

id BP Batam,Lukita Dinarsyah Tuwo,hibah ruas jalan batam

BP Batam hibahkan 699 ruas jalan

Pelebaran ruas jalan di Pelita yang sedang digesa pemerintah. (Antaranews Kepri/Danna Tampi)

Tidak bisa menunggu, karena Beliau sudah anggarkan. Kami sepakat semua pasal, tinggal tandatangan,

Batam (Antaranews Kepri) - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam menghibahkan 699 ruas jalan kepada pemerintah kota, agar dapat dibenahi untuk kepentingan masyarakat.

"Pemkot harus segara membangun, kita dukung semua. Masalahnya, itu masih aset BP, kami sedang proses di Kemenkeu agar dihibahkan ke pemkot," kata Kepala BP KPBPB Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo di Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Karena proses hibah aset memerlukan waktu yang relatif lama, maka untuk sementara ruas jalan yang akan dilebarkan itu akan dipinjam-pakaikan kepada Pemkot Batam.

Dia menyatakan BP Kawasan dan Pemkot sudah merumuskan nota kesepakatan pinjam pakai lahan itu, dan kedua lembaga itu juga sudah menyepakati pasal demi pasalnya.

"Tidak bisa menunggu, karena Beliau sudah anggarkan. Kami sepakat semua pasal, tinggal tandatangan," kata dia.

BP Kawasan menyatakan tidak ada halangan untuk menyepakati hibah, namun karena prosesnya di Kementerian Keuangan sebagai pengelola barang milik negara, maka ada tahapan yang perlu dilalui.

Kini, BP Kawasan dan Pemkot tengah mempersiapkan dokumen untuk proses itu.

Dalam kesempatan itu, ia menegaskan, pihaknya dan Pemkot telah menyepakati pembagian pembangunan, jalan dibangun Pemkot, dan BP membangun bandara, pelabuhan dan fasilitas industri lainnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyatakan dua lembaga pemerintah di Batam itu menyepakati pinjam pakai lahan jalan, agar bisa dibenahi pemkot.

"Kami sudah sepakat, mana ROW jalan, segera diselesaikan. Peraturan sudah ada, sekarang bicara kewenangan lahan, mana jalan yang mau dilebarin, yang mungkin ada masalah kami selesaikan," kata dia.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkot Batam, Yumasnur menyatakan 699 ruas jalan yang dipinjampakaikan itu terpencar di penjuru Batam.

"Jalan kota sampai ke perumahan, bisa di pemukiman. Itu sampai Sagulung, Batuaji, Sei beduk," kata dia.

Bila proses pinjam pakai selesai, maka Pemkot akan segera membenahi dan melebarkan jalan-jalan itu secara bertahap.

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE