Pembangunan jalan lingkar luar Batam dimulai 2019

id pembangunan jalan lingkar luar Batam

Pembangunan jalan lingkar luar Batam dimulai 2019

Logo Pemkot Batam

Jalan lingkar luar, tahun depan dimulai dari Tiban Princes ke arah laut
Batam (Antaranews Kepri) - Rencana pembangunan jalan lingkar luar yang menghubungkan daerah permukiman Tiban dengan kawasan perdagangan dan bisnis Jodoh, di Kota Batam, Kepulauan Riau, akan dimulai 2019.

"Jalan lingkar luar, tahun depan dimulai dari Tiban Princes ke arah laut," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur, Rabu di Batam.

Setelah itu, maka dilanjutkan dengan pembukaan jalan dari Jodoh ke arah laut, baru kemudian pembangunan jembatan yang menghubungkan keduanya.

Ia menyatakan pembangunan jalan lingkar luar itu hingga kini masih direncanakan meggunakan dana APBD.

Jalan lingkar luar, yang dibangun di pesisir dengan pemandangan Singapura itu harus melalui lahan yang sudah dikuasai sejumlah pihak, sehingga perlu persetujuan untuk melanjutkan pembangunan.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meminta masyarakat yang lahannya terdampak pembangunan jalan lingkar luar untuk merelakannya demi kemajuan kota.

Ia menjelaskan, pembangunan jalan lingkar luar dibutuhkan untuk mengurai kemacetan di Jalan Gajah Mada, jalan penghubung utama menuju Pelabuhan Sekupang itu.

Selama ini, truk besar kerap mengalami kendala saat melalui Jalan Gajah Mada dan menyebabkan macet panjang di belakangnya.

"Dan ke dua, kita ini kerja terus. Hiburannya kapan? Kalau sudah ada `ring road`, masyarakat bisa jalan ke `ring road`, lihat lampu Singapura," kata Wali Kota.

Pembangunan jalan lingkar luar melengkapi upaya pemkot menata kota, setelah sebelumnya merapihkan jalan di Kawasan Bisnid dan Perdagangan Jodoh-Nagoya.

Menurut Rudi, penataan kota itu merupakan langkah untuk menarik wisatawan lebih banyak datang ke Batam.

"Karena pariwisata ini bisa membuat perekonomian Batam tetap berputar di tengah kelesuan sektor industri. Kalau sudah selesai semua, target saya kunjungan wisatawan bisa mencapai 2,5 juta," ujar Wali Kota.

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE