BP Batam bangun Stasiun IPAL

id Stasiun ipal

BP Batam bangun Stasiun IPAL

Pengerjaan stasiun IPAL yang dilakukan BP Batam di kawasan Batamcentre. (Antaranews Kepri/Ist)

Proses pekerjaan penyambungan pipa kata Iyus sudah dilakukan sejak April 2017 lalu dan beberapa titik sudah terpasang.
Batam (Antaranews Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam mulai membangun kontruksi stasiun pompa satu instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Batamcentre yang akan dihubungkan ke Waste Water Treatment Plant (WWTP) di Bengkong Sadai, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. 

"WWTP Bengkong Sadai saat ini sudah mencapai 14 persen dan pembangunan konstruksi instalasi di Bengkong Sadai akan dimulai Juli 2018 mendatang," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Iyus Rusmana, di Batam, Sabtu.

Iyus mengatakan pembangunan konstruksi instalasi saat ini masih menunggu perubahan teknologi dari Economic Development Coorperation Fund (EDCF) Korea Selatan. 

Menurut Iyus pipa utama dan pipa skunder sudah terpasang sepanjang 18.78 kilometer (km) atau 16.4 persen dari 114.3 km yang harus dipasang. 

"Saat ini sudah ada beberapa perumahan yang dalam proses penyambungan pipa. Diantaranya Perumahan Sukajadi, Bella Vista, Anggrek Mas 1, Angrek Mas 2, Anggrek Mas 3, Citra Batam dan Meditrania," kata Iyus.

Proses pekerjaan penyambungan pipa kata Iyus sudah dilakukan sejak April 2017 lalu dan beberapa titik sudah terpasang.

Seperti di depan Kepri Mall yang sudah tersambung sekitar 1.077 meter pipa dari target sepanjang 1.222 meter. Kemudian dari Simpang McDonald ke Green Land dari target sepanjang 1.262 meter, sudah tersambung sekitar lebih 347 meter. 

"Kita terus menggesa penanaman pipa meski kondisi cuaca terkadang tidak bersahabat dan kita berupaya menyelesaikan pembanguanan selesai tepat waktu," kata dia.

Proyek pembangunan IPAL dibiayai dari dana dukungan Pemerintah Korea Selatan melalui pinjaman lunak (soft loan) EDCF sebesar USD43 juta. 

Pembangunan IPAL domestik di kawasan Bengkong Sadai seluas tujuh hektar merupakan satu dari tujuh proyek yang akan dibangun BP Batam. 

Enam IPAL lainnya akan dibangun di Batam Centre, Tanjunguma, Sekupang, Tembesi, Sagulung, dan Nagoya.(Antara)

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE