Manfaatkan E-Marketing, UMKM Natuna siap masuki pasar global

id UMKM

Manfaatkan E-Marketing, UMKM Natuna siap masuki pasar global

Kadisperindagko, Helmi Wahyuda (kanan) berbincang dengan Kepala Telkom Natuna Edi di Rumah Kreatif Natuna, Selasa (23/10). (Antaranews Kepri/Cherman)

Natuna (Antaranews Kepri) - Dinas Perindustrian Perdagangangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagko) Kabupaten Natuna bersama PT Telkom meluncurkan program e-marketing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kadisperindagko Kabupaten Natuna, Helmi Wahyuda mengatakan, program tersebut merupakan wujud kemitraan pemerintah daerah dengan Rumah Kreatif BUMN (Telkom) yang berperan sebagai penyedia fasilitas pemasaran elektronik, untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

"Adapun sarana dan prasarana yang disediakan oleh rumah Kreatif BUMN Telkom saat ini meliputi jaringan internet, tempat registrasi produk atau toko online pada sistem aplikasi blanja.com dan fasilitas display produk," kata Helmi di Ranai, Selasa (23/10).

Melalui kemitraan, Helmi menyebut program tersebut juga merupakan strategi pengembangan UMKM dan bentuk dukungan terhadap pencapaian visi pembangunan Natuna. Pada gilirannya, dia berharap program kemitraan tersebut dapat meningkatkan perekonomian daerah dan potensi ekonomi di Natuna tergarap secara optimal.

"Tidak hanya dengan membangun fasilitas rumah kreatif, kita juga menyediakan pelayanan fasilitasi bagi perbaikan kemasan produk, akses mendapatkan izin produksi dan distribusi ke pembeli," jelasnya.

Berbagai fasilitas pendukung usaha kecil itu dibangun untuk meningkatkan mutu produk maupun kemasan, dalam rangka menciptakan produk yang bernilai jual tinggi serta mampu bersaing dengan berbagai produk dari daerah lain. Pasalnya, sejauh ini kebanyakan UMKM masih memasarkan produk dengan cara konvensional, dengan menitipkan ke toko-toko maupun dijajakan langsung. Hal itu menurut Helmi menyebabkan daya jangkau produk tidak luas.

Helmi menambahkan, tuntutan zaman dan persaingan usaha semakin kuat dewasa ini. Sementara, pasar lokal dan nasional dikatakannya semakin jenuh dan terbatas. Dengan mengaplikasikan pemasaran daring, Helmi meyakini produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM dapat menjadi penantang di pasar global.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE