Basarnas pesan dua kapal logistik di Batam

id basarnas,kapal,logistik,batam

Ilustasi: Kepala Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI Syaugi, mengecek salah satu kapal yang akan digunakan untuk operasi pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi kecelakaan di perairan.(Antaranews Kepri/Dok Humas Basarnas)

Dengan adanya kapal ini diharapkan operasi SAR lebih maksimal, efektif dan efisien
Batam (Antaranews Kepri) - Badan Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas memesan dua kapal logistik dari PT Karimun Anugerah Sejati, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Syaugi, di Batam, Selasa, mengatakan kapal suplai tersebut memiliki panjang 66 meter dan berfungsi untuk mem-back up kapal-kapal yang tengah melaksanakan operasi SAR. 

"Kapal ini dilengkapi dengan kapasitas yang besar untuk menampung logistik seperti bahan bakar sebanyak 500 ton liter, air bersih 100 ton liter, bahan makanan, Remotly Operated Underwater Vehicle (ROV) dan peralatan bawah air lainnya," katanya.

Kapal tersebut, lanjutnya, juga dilengkapi dengan "hellypad" untuk "landing" dan "take off" helikopter. 

"Dengan adanya kapal ini diharapkan operasi SAR lebih maksimal, efektif dan efisien," ujarnya.

Kabasarnas mengatakan nilainya untuk pembuatan dua kapal tersebut cukup besar. Namun lanjutnya, pengadaan kapal itu sesuai rencana strategis, dengan menggunakan anggaran "multiyears" untuk dua tahun ke depan.

"Dengan adanya kapal suplai ini, kapal-kapal Basarnas tidak perlu lagi khawatir kehabisan BBM atau endurance untuk refuel saat operasi, karena kapal ini akan memasoknya," ujarnya.

Sehingga lanjutnya, kapal-kapal tersebut tetap aman di lokasi pencarian tanpa harus bolak balik ke pangkalan yang akan memakan banyak waktu. 

Dengan pengadaan kapal-kapal tersebut, Kabasarnas berharap pelaksanaan operasi SAR ke depan jauh lebih baik lagi.(Antara)
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar