Kominfo Lingga kembali temui Telkomsel bahas jaringan

id Kominfo Lingga kembali temui Telkomsel bahas jaringan

Kominfo Lingga kembali temui Telkomsel bahas jaringan

Plt. Kabag Humas dan Kominfo Lingga Buana F Februari saat berada di Telkomsel Batam (Nurjali)

Mungkin nanti bisa dibuatkan tower setinggi 93 meter, atau memanfaatkan fiber optik Palapa ring barat (PBR), tinggal Pemda nanti menyurati
Lingga (Antaranews Kepri) - Bagian humas dan Kominfo Lingga temui PT. Telkomsel selaku provider di Kabupaten Lingga, untuk membahasa pemenuhan kebutuhan jaringan telepon sellular maupun jaringan internet yang masih menjadi permasalahan di beberapa wilayah di Kabupaten Lingga yang belum tersentuh jaringan secara maksimal.

"Untuk 2019 ini Telkomsel belum ada rencana membangun site (tower) baru, jadi mereka menunggu peran pemerintah untuk menyurati Telkomsel pusat dan Kemenkominfo agar dibangun tower baru, jika dibutuhkan," kata Plt. Kasubag humas dan Kominfo Buana F Februari, kepada Antara, Minggu.

Pernyataan pihak Telkomsel tersebut, didapatnya setelah menemui kantor perwakilan Telkomsel di Batam Kepulauan Riau, yang disambut langsung oleh Andi Suapril selaku Manager Network Services Batam dan Yurianda Syahputra Pane yang menjabat SPV RTPO Tanjungpinang. Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan bahwa untuk tahun ini, pihak Telkomsel tetap mengupayakan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan khususnya untuk wilayah yang masih 2G, 3G akan ditingkatan menjadi 4G.

Pihak Telkomsel juga menjelaskan beberapa lokasi yang masih memungkinkan untuk dibangun tower Telkomsel, yaitu wilayah Tanjung kelit namun untuk wilayah Tanjungkelit ini masih terkendala pasokan listrik yang belum merata, padahal jika bisa dibangun di Tanjungkelit signal di Sungai tenam akan teratasi. Demikian juga untuk wilayah Kudung Lingga timur, diwilayah ini terdapat banyak perbukitan sehingga beberapa kali pihak Telkomsel ingin, membangun diwilayah tersebut selalu gagal.

"Mungkin nanti bisa dibuatkan tower setinggi 93 meter, atau memanfaatkan fiber optik Palapa ring barat (PBR), tinggal Pemda nanti menyurati," sebutnya.

Sementara itu Manager network service Telkomsel Batam Andi Suapril, mengatakan dukungan dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan, salah satunya dalam penyediaan hibah pinjam pakai lahan, hal tersebut pernah dilakukan di Anambas. Selain itu pemerintah diharapkan juga membantu penyediaan listrik minimal 12 jam, permasalahan tagihan pihak Telkomsel bersedia membayarkannya.

"Bisa juga nanti BUMD atau pihak lain yang membangun tower, dan Telkomsel nanti yang menyewa atau provider lain," jelasnya.

Upaya peningkatan dan pemerataan jaringan telekomunikasi di Kabupaten Lingga telah dilakukan, oleh Bupati Lingga melalui bagian Humas dan Kominfo Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga. Karena hal ini merupakan upaya untuk mewujudkan Kabupaten Lingga tanpa blank spot dengan solusi pendirian tower baru atau menggunakan jaringan FO Palapa Ring Barat dengan sesegera mungkin. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE