Napi Rutan Kabanjahe dipindahkan

id Ricuh kabanjahe,ricuh lapas kabanjahe

Napi Rutan Kabanjahe  dipindahkan

Kericuhan terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu. (ANTARA/HO)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Kombes Argo Yuwono menyebut seluruh warga binaan baik yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah) maupun belum inkrah akan dipindahkan dari Rumah Tahanan Negara Kabanjahe, Medan, Sumatera Utara ke berbagai rumah tahanan di Medan.

"Inkrah sebanyak 268 orang akan dipindahkan ke berbagai rutan di Sumatera Utara, kemudian ada 142 warga yang belum inkrah nanti dari hasil koordinasi akan dititipkan di rutan polres atau polsek di Sumut," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Argo Yuwono kepada wartawan, di Pekanbaru, Riau, Kamis.

Meski tidak menyebutkan jadwal pemindahan napi dan alasan terjadi pembakaran, Argo memastikan kondisi di Rutan Kabanjahe kondusif dan dijaga aparat TNI dan Polri.

“Itu semua bertujuan untuk mengamankan bahwa agar kejadian tidak terulang kembali dan situasi saat ini juga kondusif, dan TNI Polri masih melakukan penjagaan,” ujarnya.

“Masih diselidiki, yang pasti tidak ada korban,” katanya pula.

Lebih lanjut Argo menyebut pemindahan tersebut dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa.

Warga binaan inkrah merupakan tahanan yang sudah diputuskan vonisnya dan hanya menunggu dilakukan pemindahan. Sedangkan sisanya merupakan warga binaan titipan yang sedang dalam proses penyidikan, penuntutan maupun proses penindakan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE