MPPI kunjungi Natuna

id Natuna, MPPI, Nasionalisme, NKRI, Pendidikan, Kesehatan, Pemuda, Nelayan

MPPI kunjungi Natuna

Ketua Devisi Nasionalisme MPPI Pusat, Mas Pupung, saat mengunjungi SD Negeri 001 Tanjung, Bunguran Timur Laut, Natuna, Kepri, Jum'at (21/2) (Antara Kepri/ Cherman)

Ranai,Natuna (ANTARA) - Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) Pusat, kembali berkunjung ke wilayah perbatasan, beranda terdepan ujung utara NKRI, tepatnya Pulau Bunguran, Natuna, Kepulauan Riau.

"Kunjungan ini bertujuan untuk melihat dari dekat kondisi riil wilayah dan masyarakat perbatasan, terdepan dan terluar di Kepulauan Natuna," kata Ketua Tim MPPI, Pupung di Ranai, Sabtu.

MPPI menyambangi beberapa kecamatan dan desa di Kabupaten Natuna untuk meninjau Puskesmas, sekolah, dan melihat secara langsung kondisi sosial masyarakat seperti nelayan dan pemuda setempat.

"Kita tidak hanya sekedar berkunjung dan melihat saja, kita juga ikut langsung bersama masyarakat melakukan kegiatan olah raga bersama, itu semua untuk mengajak masyarakat hidup sehat," kata Pupung.

Pada kesempatan itu, MPPI juga memberikan bantuan pada warga setempat berupa bendera, peralatan sekolah, bola, baju olahraga dan peralatan kesehatan untuk Puskesmas Tanjung, Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna.

"Kita coba membatu seadanya, mudah-mudahan bermanfaat, kita juga mengajak semua elemen masyarakat perbatasan selalu mencintai tanah air demi memperkuat NKRI dengan selalu hidup sehat," kata Pupung.

Kedatangan Pupung bersama Tim MPPI Pusat ke Pulau Natuna disambut baik oleh warga setempat, bahkan mereka juga menyampaikan apresiasi serta berdiskusi banyak hal terkait pembangunan Natuna.

“Alhamdulillah, kegiatan yang kami gelar ini sangat diapresiasi dan disambut antusias oleh Pemerintah Desa dan masyarakat setempat,” ungkap Pupung.

Menurut Pupung, MPPI hadir di daerah perbatasan sebagai penyambung lidah rakyat. Hal ini selaras dengan program Nawacita Jokowi untuk membangun wilayah terdepan dan terluar. 

MPPI juga siap menampung semua aspirasi warga perbatasan dan tentunya akan dikoordinasikan kepada instansi  terkait untuk ditindaklanjuti.

“Karenanya, kami berharap ketika kami turun ke lapangan banyak yang disampaikan atas keluhan baik para guru, tenaga kesehatan, nelayan dan para pemuda setempat," ungkapnya.

Ketua Devisi Nasionalisme MPPI Pusat, Mas Pupung, Ia juga mengatakan bahwa kedatangan tim MPPI ke perbatasan bertujuan untuk memupuk dan memperkokoh rasa nasionalisme.

Kepala Puskesmas Tanjung, Zainuddin menyampaikan rasa terimakasihnya atas kesediaan Tim MPPI berkunjung ke Puskesmas mereka.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dan penting bagi mereka, karena bisa menjadi wadah untuk mengkoordinasikan aspirasi mereka ke instansi terkait.

“Terima kasih telah berkunjung ke sini, dan terima kasih karena telah memberikan bantuan kepada kami," kata Zainuddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Boy, Nelayan Desa Sepempang yang mengatakan kehadiran para Tim MPPI memberikan pencerahan bagi mereka.

"Terima kasih telah berkunjung di tempat kami, berbagi ilmu, silaturahmi, jika ada waktu sila datang lagi nanti," kata Boy pada Tim MPPI.

Tim MPPI selama berada di Natuna diketahui mengunjungi banyak tempat, diantaranya melakukan kunjungan ke Puskesmas Tanjung, sekaligus penyerahan bantuan serta mengikuti senam sehat bersama warga setempat, dihadiri pula Ketua Pembina PKK Kabupaten Natuna, Hj Nurhayati.

Dilanjutkan dengan mengunjungi SDN 001 Tanjung, Bunguran Timur Laut untuk memberikan bantuan peralatan olah raga dan berdialog bersama guru serta melakukan pertemuan bersama para murid untuk memupuk rasa Nasionalisme pada Anak.

Selain itu, tim MPPI juga mengunjungi para Nelayan dan Karang Taruna Desa Sepempang, Bunguran Timur untuk melakukan olah raga bersama sekaligus menyerahkan peralatan olah raga dan juga Bendera Merah Putih.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE