BNPB gelar bimtek kepada wartawan dan pegiat media sosial Natuna

id Natuna, BNPB, latihan bencana

BNPB gelar bimtek kepada wartawan dan pegiat media sosial Natuna

Tim Wartawan, Media dan pengiat Media Sosial Natuna saat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diadakan oleh BNPB RI dengan tema "Penanggulangan Bencana Urusan Bersama" dan Tour ke Diorama (Lantai 11dan 12 graha BNPB) meninjau pusdalops di Gedung Graha BNPB Jl. Pramuka Jakarta Timur, Selasa (Antara Kepri/ Cherman)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada tim wartawan dan pegiat media sosial Natuna dengan tema "Penanggulangan Bencana Urusan Bersama" dan Tour ke Diorama (Lantai 11dan 12 graha BNPB) meninjau Pusdalops di Gedung Graha BNPB Jl. Pramuka Jakarta Timur, Selasa

"Definisi Bencana berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan definisi bencana ada beberapa jenis, diantaranya bencana alam, bencana non alam dan bencana sosial," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, DR Agus Wibowo saat menyampaikan materi tentang manajemen bencana di Indonesia pada Bimtek tersebut.

Dijelaskannya, bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan, atau faktor nonalam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Dijelaskannya lebih lanjut, bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor itu bagian dari bencana alam.

"Sementara, bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit itu bencana nonalam," kata Agus Wibowo.

Tindak hanya itu, menurut Agus, bencana diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa diakibatkan oleh manusia meliputi konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat, dan teror itulah yang disebut bencana sosial, patut menjadi perhatian semua pihak.

" Ini yang berbahaya, pada intinya semua jenis bencana itu tanggung jawab kita bersama, karena itu, Kepala BNPB, Pak Doni Monardo berkeyakinan bahwa bencana itu tidak bisa di lawan, tetapi harus kita kendalikan," katanya lagi.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan itu semua adalah tanggung jawab semua pihak, termasuk wartawan agar dapat menjelaskan kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki potensi rawan bencana.

"Masyarakat harus mampu mengendalikan itu, informasi bagian penting dari hal tersebut," kata Agus.

Kegiatan bimtek tersebut menghadirkan pemateri diantaranya Adek Berry, fotografer, dengan tema "Sisi Humanis dari sudut pandang lensa", dan materi "Jurnalime Bencana" disampaikan oleh Ahmad Arif wartawan harian Kompas.

Kegiatan diikuti 15 orang peserta, terdiri dari wartawan, penggiat media sosial Natuna, utusan dari Bakesbangpol Kabupaten Natuna dan pemilik media.

Kegiatan berakhir dengan penyerahan sertifikat kepada peserta oleh Kepala BNPB RI, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo sekaligus silaturahmi Selasa malam di Aula pertemuan Graha BNPB.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar