Dinkes Bintan gratiskan surat bebas COVID-19

id Lawan COVID-19,surat bebas COVID-19,gratis pembuatan surat bebas COVID-19

Dinkes Bintan gratiskan surat bebas COVID-19

Ilustrasi sejumlah warga mengurus surat keterangan bebas COVID-19 di aula Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Bandarlampung, Senin (18/5/2020). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi/aa.

Bintan (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan, Gama Isnaeni menyatakan pembuatan surat keterangan bebas COVID-19 tidak dipungut biaya/gratis asal memiliki e-KTP daerah setempat.

"Warga yang ingin mengurus surat bebas COVID-19 tinggal mengunjungi puskesmas terdekat dan menunjukkan e-KTP," kata Gama di Bintan, Kepulauan Riau, Rabu (3/6).

Surat bebas COVID-19 dikeluarkan berdasarkan hasil rapid test (tes cepat) yang dilakukan oleh pihak puskesmas.

"Setelah dilakukan tapid test, baru surat itu keluar. Dan semua itu gratis," tegasnya.

Lanjutnya, kebijakan tersebut diambil untuk memfasilitasi warga Kabupaten Bintan yang akan kembali bekerja maupun belajar ke luar daerah/kota pasca lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Karena, surat bebas COVID-19 ini jadi syarat utama bagi warga yang akan berangkat menggunakan transportasi, baik laut maupun udara," ujarnya.

Dia turut mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Bintan supaya tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-18 yang dianjurkan pemerintah.

Apalagi pemerintah pusat segera menerapkan new normal atau kelaziman baru dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan di tengah situasi pandemi.

“Selalu pakai masker, cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas, selalu jaga jarak, dan rajin berolahraga,” tutur Gama.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar