Dihadapan DPRD, Bupati Natuna sampaikan progres pembangunan

id Dihadapan DPRD, Bupati Natuna sampaikan progres pembangunan

Dihadapan DPRD, Bupati Natuna sampaikan progres pembangunan

Bupati Natuna, Hamid Rizal saat menyampaiakan laporan progres pembangunan Natuna kepada DPRD Kabupaten Natuna saat menggelar Rapat Paripurna sempena Peringatan Hari Jadi Kabupaten Natuna ke -21, Tahun 2020, bertempat di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Natuna, Ranai, Senin (12/10). (Cherman/Prokopim Kab. Natuna)

Lingga (ANTARA) - Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, menyampaikan progres pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna yang terus berupaya untuk melakukan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, serta penyelenggaraan pemerintahan secara elektronik dengan konsep e-goverment yang telah diterapkan antara lain e-planning, e-budgeting.

"Berbagai pembangunan sektor prioritas yang dilaksanakan telahpun membuahkan hasil, sebagaimana dapat dilihat dari indikator pembangunan, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), mengalami peningkatan sebesar 0,73 persen dari tahun sebelumnya," kata Bupati Natuna Hamid Rizal, saat Rapat Paripurna sempena Peringatan Hari Jadi Kabupaten Natuna ke-21 Tahun 2020, di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Natuna, Ranai, Senin.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Amhar beserta Wakil Ketua I, Daeng Ganda Rahmatullah, dan Wakil Ketua II, Jarmin, dan dihadiri oleh sebagian besar anggota DPRD Kabupaten Natuna.

Untuk pembangunan manusia di Kabupaten Natuna, berstatus cukup tinggi dan tertinggi ke Empat Se - Provinsi Kepulauan Riau, setelah Kabupaten Bintan, Kota Tanjung Pinang dan Kota Batam.
 Bupati Natuna, Hamid Rizal saat menghadiri Rapat Paripurna sempena Peringatan Hari Jadi Kabupaten Natuna ke -21, Tahun 2020, bertempat di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Natuna, Ranai, Senin (12/10). (Cherman/Prokopim Kab. Natuna)
Sedangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita pada tahun 2019 atas dasar harga berlaku mencapai Rp81,23 juta/tahun. Angka tersebut mengalami peningkatan 6,87 persen dari tahun sebelumnya yakni sebesar Rp75,65 juta/tahun, PDRB perkapita secara relatif dapat menggambarkan tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu daerah.

Selanjutnya, kualitas kesehatan dapat digambarkan pada indikator capaian angka harapan hidup, dimana selama periode 2014-2019, Natuna berhasil meningkatkan dari 63,64 tahun menjadi 64,81 tahun.

Indikator kualitas pendidikan juga dapat dilihat pada rata-rata lama sekolah, dimana peningkatan terjadi setiap tahunnya. Pada tahun 2019 mencapai angka 8,72 tahun, dibandingkan pada tahun sebelumnya sekitar 8,71 tahun.

Hal lain, lanjut Bupati, sekolah juga mengalami peningkatan setiap tahunnya, dimana pada tahun 2019 mencapai angka 13,89 tahun dibandingkan pada tahun 2018, yakni sebesar 13, 88 tahun.

Beberapa indicator diatas menurut Hamid Rizal adalah modal penting dalam membangun kualitas manusia Kabupaten Natuna menjadi lebih baik kedepannya.

Hamid Rizal juga menambahkan, berkenaan dengan pencapaian pembangunan sampai saat ini juga telah menerima beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun organisasi atau lembaga.

Adapun penghargaan yang diterima diantaranya adalah penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kepada Kabupaten Natuna atas predikat Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP) mendapat predikat "BB”.
Bupati Natuna, Hamid Rizal saat menghadiri Rapat Paripurna sempena Peringatan Hari Jadi Kabupaten Natuna ke -21, Tahun 2020, bertempat di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Natuna, Ranai, Senin (12/10). (Cherman/Prokopim Kab. Natuna)
Penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia kepada Kabupaten Natuna karena tiga tahun berturut-turut Pemerintah Kabupaten Natuna mendapat opini laporan keuangan pemerintah daerah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Selanjutnya, penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan kepada Kabupaten Natuna sebagai Kabupaten atau Kota Sehat klasifikasi pemantapan.

Penghargaan dari Kementerian Keuangan kepada Kabupaten Natuna terbaik dalam penyaluran dan penyerapan dana desa Se- Provinsi Kepulauan Riau.

Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Kabupaten Natuna sebagai Kabupaten atau Kota layak anak tahun 2019 kategori pratama.

Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Ketahanan, Pertanian dan Kesehatan Hewan kepada Kabupaten Natuna sebagai juara I Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman Tingkat Provinsi. 

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Natuna, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Natuna, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, tokoh masyarakat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE